Bagaimana Cara Mendapatkan Kandidat yang Lebih Baik dalam Rekrutmen Restoran?

rekrutmen restoran
Sumber : stichlaw

Mempekerjakan dan mempertahankan talenta yang top bukanlah hal yang mudah dalam bisnis restoran. Untuk restoran yang kasual dan tingkat menengah, talenta yang ada di pasaran penuh dengan kandidat yang tidak benar-benar berkomitmen terhadap bisnis. Sedangkan, untuk tempat makan dengan konsep fine dining, bahkan bisa merupakan hal yang susah untuk menemukan talenta yang sangat terlatih dengan harga yang terjangkau. Dan bahkan setelah restoran berhasil mendapatkan pegawainya, maka mereka masih seringkali harus menjaga agar talenta tersebut tetap bekerja tanpa keluar dengan cepat. Dan ini bukan hal yang mudah karena turnover rate di industri restoran ternyata setinggi 66,3%. Karena itu, rekrutmen restoran bukanlah sebuah proyek mudah.

Mustahil menikmati hasil yang positif dan berjangka panjang di bisnis restoran jika Anda tidak benar-benar menciptakan strategi terhadap siapa yang Anda pekerjakan. Berikut ini adalah tips-tips efektif untuk membantu agar pemilik restoran mampu menemukan dan mempertahankan karyawan berbakat yang mereka butuhkan.

Agar Rekrutmen Restoran Sukses, Lakukan Hal-Hal Ini

Selalu Mencari

asumsi berdasarkan CV
sumber: dreamstime

Banyak restoran yang tidak mulai mencari karyawan baru sampai benar-benar kekurangan staf karena ada karyawan yang keluar. Namun, justru karena saat itu sangat butuh, mereka jadi tidak bisa bereksperimen atau merekrut yang salah. Lowongannya harus diisi dengan cepat, atau restoran akan mulai mendapatkan dampak negatif karena kekurangan staf.

Jadi, sebagai seorang manajer atau staf HR, Anda mungkin tidak setiap saat punya lowongan di restoran. Tetapi, Anda harus selalu mencari karyawan potensial dan melakukan persiapan rekrutmen. Jika Anda punya sebuah daftar kandidat yang siap disaring dan dipekerjakan di depan mata, maka Anda akan bisa bergerak dengan cepat ketika waktunya sudah tiba.

Baca Juga: Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Wawancara Kerja Di Restoran

Doronglah Referal Karyawan

mereferensikan teman
Sumber: independent

Banyak orang yang cenderung suka bergaul dengan orang lain yang punya ciri dan keahlian yang berbeda. Jika Anda memiliki staf yang sangat hebat, jangan takut untuk menanyakan apakah mereka kenal kandidat lain yang cemerlang untuk peran terbuka di restoran Anda. Karena kompetensi dan tingkah laku kandidat yang disarankan oleh karyawan tersebut jelas nantinya akan merefleksikan reputasi sang karyawan, maka karyawan Anda jelas tidak akan merekomendasikan seseorang yang sangat tidak cocok atau tidak bertalenta. Pada akhirnya, memang Andalah yang akan jadi hakimnya, tetapi dengan memiliki referensi pada rekrutmen restoran, maka Anda jadi punya tempat yang baik untuk memulai.

Adopsi Teknologi Terbaik

Karyawan yang baik tahu pasti bahwa mereka baik. Mereka tidak memiliki kesulitan dalam menemukan pekerjaan, dan mereka memiliki banyak sekali kesempatan untuk dipilih. Untuk menarik bakat yang paling baik, maka Anda perlu membuat mereka terkesan dalam rekrutmen restoran Anda.

Satu trik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempersenjatai bisnis Anda dengan fitur-fitur yang menarik seperti teknologi yang tinggi. Dengan ini, maka kandidat akan merasa bahwa restoran Anda sangat istimewa dan ia akan jadi mau bekerja bersama Anda.

Tawarkan Paket Remunerasi yang Menarik

sebelum minta kenaikan gaji
Sumber: liveyourdream

Gaji yang bersaing adalah sebuah keharusan, namun tunjangan lain yang Anda tawarkan kepada staf Anda juga merupakan hal yang sangat penting dalam menjadi bahan pertimbangan. Tunjangan kesehatan dan pensiun adalah hal-hal yang sangat baik untuk posisi full time jangka panjang. Jika Anda menawarkan ini, maka staf yang Anda dapatkan dari rekrutmen restoran tidak akan berpindah-pindah. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan hal-hal praktis seperti kemampuan mengatur jadwal yang fleksibel, hari libur yang banyak, dan makan gratis.

Selamat mencari kandidat terbaik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here