Wow! Ini Trik Mencari Lowongan Kerja Tersembunyi

Mencari lowongan kerja bisa dibilang gampang-gampang susah. Lowongan kerja yang ada belum tentu sesuai dengan kemampuanmu. Itu sebabnya, mencari lowongan dengan kualifikasi tertentu butuh waktu lama. Namun, tahukah kamu kalau biasanya perusahaan atau startup juga punya lowongan kerja tersembunyi yang tidak diketahui banyak orang?

Memang tak banyak pembahasan tentang lowongan kerja tersembunyi yang dipahami masyarakat.

Kalau kamu sedang mencari pekerjaan, kamu bisa mendapatkan info-info lowongan tersembunyi melalui beberapa cara berikut ini:

Mengandalkan Relasi di Dunia Kerja

Trik pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan info lowongan pekerjaan tersembunyi adalah mengandalkan relasi di dunia kerja. Banyak perusahaan yang hanya menyebarkan lowongan kerja di kalangan karyawannya saja. Agar para karyawan tersebut bisa memberikan informasi kepada orang-orang terdekat.

Jadi, kamu tak perlu ragu bertanya kepada orang-orang yang kamu kenal di dunia kerja mengenai ketersediaan lowongan di perusahaannya.

Mengakses Akun Media Sosial Perusahaan

Saat ini sudah banyak perusahaan yang membuat akun media sosial untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Selain bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan, akun media sosial juga sering digunakan untuk mengunggah lowongan kerja.

Baca Juga: Panduan Sukses Mudah Dapat Kerja Lewat Sosial Media

Lowongan kerja yang diunggah biasanya hanya bisa dilihat oleh para followers akun perusahaan tersebut. Terutama bila perusahaan tidak menggunakan hashtag tertentu untuk mempermudah pencarian di media sosial.

Langsung Mengirimkan Lamaran Pekerjaan

Tak ada salahnya bila kamu bersikap proaktif dengan cara langsung mengirimkan lamaran pekerjaan. Mungkin perusahaan incaranmu memang tidak membuka lowongan kerja secara terang-terangan.

Namun, selalu ada peluang untuk lowongan kerja tersembunyi, terutama bila kamu mencari lowongan magang, part time, atau freelance. Luangkan waktu untuk mengirimkan lamaran pekerjaan dan tunggulah balasan lamaran tersebut selama beberapa hari.

Mengajukan Diri sebagai Staf Magang atau Volunteer Event

Hal lainnya yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan lowongan kerja tersembunyi adalah mengajukan diri sebagai staf magang atau volunteer event. Kalau kamu sudah bergabung dan berkenalan dengan banyak karyawan di perusahaan tersebut, informasi lowongan kerja pasti lebih mudah didapat.

Tak menutup kemungkinan bila kamu direkrut sebagai karyawan kalau kamu menunjukkan performa kerja prima selama menjadi staf magang atau volunteer event.

Intinya, jangan hanya terpaku dengan lowongan kerja yang beredar di internet atau portal informasi tertentu. Carilah peluang lainnya melalui lowongan kerja tersembunyi yang tidak diketahui banyak orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here