Mencari Sumber Probiotik Selain Yogurt? Jenis Makanan Ini Dapat Dipilih untuk Kesehatan Pencernaan

Mencari Sumber Probiotik Selain Yogurt? Jenis Makanan Ini Dapat Dipilih Untuk Tingkatkan Kesehatan Pencernaan
Sumber: Time

Ada banyak hal-hal baik bila berbicara tentang probiotik. Mulai dari untuk pencernaan yang lebih baik, memberi lebih banyak energi, kulit yang sehat, dan bahkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selama ini, Anda mungkin hanya tahu bila Anda bisa mendapatkan probiotik dengan makan yogurt secara teratur. Nyatanya, ada beberapa jenis sumber probiotik yang bisa membantu mendapatkan bakteri baik dalam usus. Dan berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi, selain yogurt.

Sumber Probiotik yang Dapat Dikonsumsi untuk Tingkatkan Bakteri Baik dalam Usus

Kombucha

Kombucha adalah semacam teh fermentasi yang dikemas dengan bakteri bermanfaat dan vitamin B. Dan bila Anda tidak terlalu suka dengan rasa asin yang kuat, ada beberpa jenis minuman probiotik yang tersedia di pasaran. Per porsi 8 oz kombucha (merk Health-Aide), terkandung 35 kalori, 0 gr lemak (0 gr sat-fat), 7 gr karbohidrat, 5 gram gula, 10 mgr sodium, 0 gr serat, dan 0 gr protein.

Baca Juga: Tak Banyak Disadari, 4 Minuman Tradisional Indonesia yang Menyehatkan Badan

Cuka Sari Apel

Kesehatan dan Kecantikan
Sumber : authoritynutrition

Cuka sari apel memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk juga mengandung probiotik. Hanya saja, Anda tidak disarankan untuk langsung minum cuka sari apel karena rasanya begitu asam. Akan jauh lebih baik bila Anda mengombinasikannya dengan makanan lain. Per porsi 1 sendok makan cuka sari apel mengandung 3 kalori, 0 gr lemak (0 gr sat-fat), 0, 14 gr karbohidrat, 0,06 gr gula, 1 mgr sodium, 0 gr serat, dan 0 gr protein.

Sauerkraut dan Kimchi

kimchi

Tambahkan sauerkraut atau kimchi pada semua sandwiches Anda karena keduanya dibuat dari kubis yang difermentasi dengan bakteri asam laktat yang bermanfaat. Hal demikian seperti yang diungkapkan oleh Jackie Newgent, R.D. Sebagai bonus tambahan, banyak sayuran yang difermentasi memiliki masa simpan yang lebih lama dibandingkan pada kondisi segar. Dalam 1 porsi cup sauerkraut diketahui mengandung 27 kalori, 0,2 gr lemak (0 gr sat-fat), 6 gr karbohidrat, 3 gr gula, 939 mgr sodium, 4 gr serat, dan 1 gr protein.

Acar

Sumber: veroathome

Pickles merupakan jenis makanan fermentasi yang juga menjadi sumber probiotik dan umumnya lebih enak di lidah dibandingkan dengan sauerkraut, terutama bila Anda tidak suka dengan sauerkreut. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan sodium yang ditambahkan. Per pickles berukuran besar diketahui mengandung 16 kalori, 0,4 gr lemak (0 gr sat-fat), 3 gr karbohidrat, 1 gr gula, 1.092 mg sodium, 1 gr serat, dan 0,7 gr protein.

Miso

Menurut Newgent, miso adalah produk berbasis kedelai yang difermentasi dan menjadi sumber probiotik karena dibuat dengan ‘starter’ asam laktat. Jadi, Anda bisa memesan sup miso ketika Anda pergi keluar untuk disandingkan dengan sushi. Per 1 sendok makan pasta miso diketahui mengandung 34 kalori, 1 gr lemak (0 gr sat-fat), 4 gr karbohidrat, 1 gr gula, 634 mgr sodium, 1 gr serat, dan 2 gr protein.

Kefir

Menurut Newgent, bila Anda adalah penggemar berat yogurt namun ingin menikmati sesuatu yang lebih ramah di perjalanan, Anda bisa mencoba kefir yang juga menjadi sumber probiotik (minuman yogurt Islandia. Cairan tart ini baik ditambahkan pada smoothies yang Anda buat untuk menambah protein. Di ketahui bila per porsi cup kefir (plain-low fat) mengandung 102 kalori, 2,5 gr lemak (1,6 gr sat-fat), 97 mg sodium, 12 gr karbohidrat, 11 gr gula, 0 gr serat, dan 9 gr protien.

Tempe

Tempe
Sumber : pinterest

Tempe menjadi salah satu bahan makanan yang cukup populer di Indonesia. Dan tanpa Anda sadari, ternyata tempe menjadi sumber probiotik karena dibuat dari kedelai yang difermentasi. Diketahui bila per porsi 100 gram, tempe mengandung 195 gr kalori, 11 gr lemak (3 gr sat-fat), 8 gr karbohidrat, 14 mgr sodium, 0 serat, dan 20 gr protien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here