Pahami 5 Cara Efektif Ini untuk Mencegah Karyawan Resign dari Perusahaan

mencegah karyawan resign
Sumber : Blog Talenta

Turnover karyawan merupakan hal biasa yang pasti terjadi di semua perusahaan. Namun, bukan berarti turnover karyawan yang terbilang tinggi boleh dibiarkan begitu saja. Sebagai atasan, Anda justru harus berupaya mencegah karyawan resign bila karyawan tersebut adalah aset terbaik yang dimiliki perusahaan.

Jangan Bingung Dulu Kalau Suatu saat Anda Harus Berusaha Mencegah Karyawan Resign

5 cara efektif ini bisa membuat karyawan yang ingin resign malah mengurungkan niatnya.

Berbicara dari Hati ke Hati

Sumber : Hello RF

Karyawan yang mengalami tekanan berat di kantor sering kali memutuskan untuk resign. Karena karyawan tersebut merasa tidak punya tempat untuk mencurahkan kegelisahan tentang pekerjaan. Oleh sebab itu, Anda bisa mencegah karyawan resign dengan cara berbicara dari hati ke hati. Sehingga, Anda bisa mengetahui penyebab yang membuat karyawan ingin resign. Selanjutnya, penyebab tersebut bisa segera diatasi untuk mencegah keputusan resign.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menangani Pengalihan Beban Kerja dari Rekan yang Resign?

Memberikan Izin Cuti Panjang

Sumber : Wiki Kau

Biasanya karyawan yang terlalu lelah dengan rutinitas kerja lebih rentan mengambil keputusan resign. Oleh sebab itu, salah satu cara efektif mencegah karyawan resign bisa dilakukan dengan memberikan izin cuti panjang. Mungkin karyawan sudah benar-benar jenuh dengan rutinitas kerjanya. Cuti panjang tanpa gangguan pekerjaan sedikit pun bisa menjadi cara terbaik untuk memulihkan semangat kerja karyawan.

Membuat Acara Outing secara Berkala

manfaat outing kantor
Sumber : Glass Door

Jangan mengabaikan manfaat outing untuk karyawan. Nilai-nilai dan etos kerja yang ditanamkan dalam sesi outing bisa memengaruhi pandangan karyawan tentang pekerjaan. Bila karyawan merasakan banyak manfaat dari outing, keinginan untuk resign pun dapat dicegah. Kegiatan menyenangkan di luar urusan formal di kantor adalah penyemangat istimewa bagi seluruh karyawan di perusahaan.

Menawarkan Kenaikan Gaji

Sumber : Riau Online

Bukan rahasia lagi bila karyawan kerap memutuskan resign karena alasan gaji. Karyawan akan mengalami kesulitan finansial jika gajinya terlalu kecil. Keputusan untuk menawarkan kenaikan gaji bisa Anda lakukan bila karyawan yang ingin resign benar-benar pantas mendapatkannya. Karena karyawan yang berdedikasi dan performa kerjanya baik memang layak dipertahankan. Biasanya penawaran untuk naik gaji juga ampuh mencegah karyawan resign.

Memberikan Tantangan Kerja Baru

Sumber : Abnamro

Generasi milenial dikenal mudah resign dari pekerjaan lama bila merasa tidak tertantang dengan pekerjaan tersebut. Jadi, perusahaan harus lebih bijak menanggapi kebutuhan karyawan secara personal. Kalau Anda tahu bahwa karyawan memutuskan resign karena merasa tak tertantang, berarti sudah saatnya Anda memberikan tantangan kerja baru. Tantangan kerja yang menarik akan membuat karyawan proaktif merasa tergerak untuk menyelesaikannya.

Jangan sampai perusahaan kehilangan karyawan potensial hanya karena masalah sepele. Jika Anda adalah pemimpin yang berkualitas, Anda pasti bisa mencegah karyawan resign dengan cara yang efektif dan bijak.

Beri komentar Anda tentang artikel ini