Hati-Hati Penipuan Investasi Online, Pahami Dulu Penjelasan Berikut!

Investasi online makin marak di zaman serba modern ini, terutama bagi anak milenial. Perencanaan keuangan untuk masa depan memang kerap menjadi masalah bagi kaum milenial. Itu sebabnya, dari hari ke hari semakin banyak anak milenial mulai tertarik belajar berinvestasi, termasuk salah satunya melalui platform investasi online.

Sayangnya, tidak jarang juga ada orang yang justru mengalami kerugian gara-gara investasi online. Mulai dari yang kena tipu hingga merasa uangnya sama sekali tidak berkembang. Agar kamu juga tidak terjebak pada masalah yang sama, yuk hindari diri dari penipuan investasi online dengan memahami hal-hal ini terlebih dahulu.

Cek Legalitas Investasi Online di Instansi Pemerintah

Berbeda dengan investasi konvensional, kamu tidak akan melakukan interaksi tatap muka saat memilih investasi online. Meski segalanya terasa serba mudah dan efisien, pastikan kamu cek dahulu legalitas dari broker tersebut. Jangan sampai nih kamu justru terjebak dalam investasi ilegal karena tidak ada ijin dari pemerintah.

Kemudahan akses dalam berinvetasi secara online ini juga bisa menimbulkan bahaya tersendiri. Kalau kamu kurang teliti sejak awal, bisa-bisa kamu menjadi korban penipuan juga. Pelajari dulu tempat kamu akan berinvestasi dengan cermat ya.

Lihat Keuntungan yang Ditawarkan Investasi Online, Masih Masuk Akal atau Tidak?

Siapa pun pasti ingin merasakan keuntungan yang besar saat berinvestasi. Hati-hati, jangan sampai dibutakan oleh keuntungan yang terlalu menggiurkan dan dirasa tak masuk akal. Tetaplah berpedoman pada pikiran jernih dalam berinvestasi.

Penipuan investasi yang biasanya muncul adalah dengan memberi iming-iming keuntungan fantastis dalam jangka waktu pendek. Ibaratnya nih, kamu bisa mendapatkan banyak uang hanya dalam beberapa bulan atau tahun saja. Padahal, investasi adalah kegiatan yang butuh waktu cukup lama untuk mendapat hasil yang besar.

Baca Juga: Benarkah Milenial Suka Resign? Tenang Dulu, Begini Penjelasannya!

Sebelum Memulai Investasi Online, Pahami Dulu Aturan Main Berinvestasi

Saat kamu hendak berinvestasi, pastikan kamu sudah punya bekal ilmu yang cukup. Pelajari produk-produk investasi yang ada, mulai dari reksadana hingga saham. Cermati dulu, kira-kira produk mana yang cocok dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

Semakin besar keuntungan yang ditawarkan, maka tingkat risikonya pun semakin besar. Oleh sebab itu, kamu juga perlu membandingkan jenis dan risiko investasi dari beberapa platform sebagai bahan pertimbangan. Intinya, jangan asal memilih sebelum betul-betul paham tentang produk yang dipilih.

Setelah belajar dan memahami perihal berinvestasi, semoga kamu bisa lebih bijak sebelum memilih investasi online yang tepat. Yuk, belajar investasi mulai dari sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here