Puas Mencicipi Aneka Kuliner Perancis di Event Good France 2019

Puas Mencicipi Aneka Kuliner Perancis dalam Good France 2019

Bagi Anda pecinta kuliner terutama yang gemar menikmati sajian bercita rasa Eropa, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan mencicipi aneka kuliner Perancis yang akan tersaji serentak dalam rangkaian acara Good France.

Good France merupakan bentuk kerja sama antara Institut Perancis di Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Perancis di Indonesia, bekerja sama dengan Badan Pariwisata Perancis Atout France.

Good France akan dilaksanakan serentak pada 21 Maret 2019 di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Manado.  Sebanyak 60 restoran di Indonesia akan berpartisipasi.

“Penyelenggaraan Good France merupakan momentum untuk mengapresiasi kuliner Perancis yang menjadi warisan budaya dunia UNESCO, sekaligus mengapresiasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya yakni semangat berbagi dan kebersamaan,” jelas Jean-Charles Berthonnet, Duta Besar Perancis untuk Indonesia.

Salah satunya Voyage at Harris Vertu. Voyage akan menghidangkan beberapa sajian Perancis yang otentik selama pekan Good France. Ketika ditemui Job-Like Magazine dalam sesi food testing Suyitno, Chef Director Voyage at Harris Vertu membawakan tiga jenis kuliner Perancis yang akan dihidangkan selama pekan Good France berlangsung.

Seperti yang dijelaskan oleh Chef Suyitno, cita rasa kuliner Perancis umumnya cenderung lebih ringan. Tidak ada tambahan bumbu berlebih. Berbeda dengan masakan Indonesia yang lebih gurih dan banyak menggunakan bumbu.

“Kalau cita rasa Perancis itu sederhana, ringan, dan sehat. Mereka tidak menggunakan macam-macam bumbu. Biasanya hanya olive oil, lemon, dan lada,” jelas Suyitno.

Sesuai dengan namanya yang memiliki arti ‘bepergian’ dalam bahasa Perancis, Voyage menawarkan berbagai jenis masakan dari penjuru dunia mulai dari masakan Asia hingga Eropa. Selain itu, Voyage juga siap menjadi ruang sosial yang memungkinkan tamu melihat aktivitas memasak secara terbuka.

Ini sejalan dengan konsep yang digagas oleh Harris Vertu yang terinspirasi dari nostalgia publik Perancis pada periode Belle Epoque‘ Joie de Vivre (Kebahagiaan Hidup). Sentuhan modis namun tetap sederhana menjadi salah satu keunggulan dari hotel keenam yang berada di bawah Tauzia Management Hotel ini.

Baca Juga: Trik Efektif Sarapan Buffet di Hotel saat Perjalanan Bisnis

Yummy! Mencicipi Kuliner Perancis Mulai dari Appetizer hingga Dessert di Voyage

Berikut ini beberapa kuliner khas Perancis yang akan disajikan sepanjang pekan Good France pada 21 Maret mendatang di Voyage at Harris Vertu.

Steak Au Poivre

Steak Au Poivre (Kiky.Waode/Job-Like Magazine)

Ini merupakan main course yang terdiri dari potongan tenderloin yang dimarinasi dengan garam dan lada hitam. Proses pembuatannya cukup sederhana. Daging yang sudah diiris dipanggang bersama lumuran lada hitam. Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan zuchini, wortel, dan kentang serta disiram dengan saus yang creamy.

Salad Nicoise

Potongan ikan tuna segar dalam Salad Nicoise

Menjadi salah satu makanan paling sederhana yang akan disajikan dalam Good France 2019. Terdiri dari potongan rebusan tuna, letuce, buah zaitun, anchovy, kentang, dan disirami oleh dressing lemon oil. Simple, kan?

Banana Tarte Tatin

Puas Mencicipi Aneka Kuliner Perancis dalam Good France 2019
Pisang yang dilumuri karamel dalam Banana Tarte Tatin (Kiky.Waode/Job-Like Magazine)

Tidak lengkap rasanya jika belum menyantap dessert khas Perancis yang satu ini. Banana Tarte Tatin merupakan makanan penutup yang terbuat dari pisang yang dimasak bersama lelehan karamel. Kemudian, dipanggang bersama dengan puff pastry. Dilengkapi dengan garnish bubuk kayu manis, cokelat ganache, dan potongan raspberry. Sangat cocok jika ditambahkan beberapa scoop es krim vanila di atasnya.

“Di Voyage, kami menyajikan makanan Perancis dengan rasa otentik tanpa merubah resep. Namun, kami pastikan orang Indonesia pasti cocok dengan cita rasanya,” tutur Suyitno.

Di Jakarta, 21 restoran siap berpartisipasi pada malam perayaan cita rasa Perancis Good France 2019, yaitu Lyon, Amuz Gourmet, B1 & Blue Terrace at Ayana Midplaza, Bleu Alley Brasserie, Tangier, Garcon, Sophie Authentique, Olivier, AMKC, Bistro Baron, Emilie, Kalture, Levant Boulangerie, Orients, Pardon My French, Paul Bakery, Sea Grain, Voyage at Harris Vertu, dan Nusa Indonesia Gastronomy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here