Stop Mencuci 5 Bahan Masakan Ini Sebelum Dimasak!

Kebiasaan mencuci bahan masakan sebelum diolah kerap dilakukan dengan alasan kesehatan. Banyak orang khawatir bahan masakan mereka tercemar kotoran dan bakteri, terlebih ketika dibeli dari pasar tradisional. Nyatanya, ada beberapa bahan makanan yang justru tak boleh dicuci sebelum dimasak karena alasan kesehatan dan kelezatan rasa, berikut ini beberapa diantaranya:

5 Bahan Makanan yang Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak

Unggas dan ikan

Apakah Anda biasanya mencuci ayam sebelum memasaknya? Jika ya, maka artikel ini akan memberitahu Anda untuk berhenti dari kebiasaan tersebut. Dengan mencuci unggas atau ikan, Anda tidak menghilangkan bakteri atau patogen, melainkan dapat meningkatkan risiko kontaminasi ke bahan-bahan serta peralatan masak di sekitarnya. Satu-satunya cara yang benar-benar efektif untuk menghilangkan bakteri dari unggas dan ikan adalah dengan memasaknya, cara ini juga berlaku untuk daging lainnya.

Daging merah

Sama halnya dengan unggas dan ikan, mencuci daging merah juga dapat menyebarkan bakteri serta menambahkan kelembapan pada daging saat Anda mencucinya. Kelembaban yang ditambahkan selama mencuci akan menghasilkan uap yang juga akan mempengaruhi rasa. Jika Anda tidak bisa menghentikan kebiasaan mencuci daging merah, maka ganti caranya dengan menepuk-nepuknya  dengan handuk kertas sebelum dimasak untuk menghilangkan kelembaban yang berlebih.

Salad

Jika salad yang Anda beli ditandai sebagai prewash atau triple-washed, maka Anda tidak perlu mencucinya lagi. Jadi, Anda tentu lebih menghewat waktu. Daripada mencucinya lagi, Anda bisa mempersiapkan topping lezat untuk dimakan bersama dengan salad.

Baca Juga: 6 Bahan Makanan Sehat dalam Salad yang Baik untuk Otak

Jamur

Seperti halnya daging, rasa dan konsistensi jamur akan berubah bila terlalu lama bersentuhan dengan air. Memang jamur yang dicuci tak membahayakan untuk kesehatan, kecuali permukaan tempat mereka sedang dibersihkan atau di dekat jamur terkontaminasi bakteri. Namun, ada baiknya untuk membersihkan jamur hanya dengan tisu basah karena mereka menyerap air seperti spons.

Pasta

Pasta jarang membuat Anda sakit, tetapi ada alasan lain mengapa pasta tidak boleh dicuci. Banyak orang mencuci pasta mereka setelah memasaknya, yang merupakan kesalahan besar jika Anda ingin memiliki hidangan terbaik. Membilas pasta hanya berfungsi untuk membilas pati, membuatnya lebih sulit untuk dipadukan dengan saus.

Beri komentar Anda tentang artikel ini