Mendamba Kulit Sehat? Simak Manfaat Cuka Sari Apel Berikut

Mendamba Kulit Sehat? Simak Manfaat Cuka Sari Apel Berikut
Sumber: Eatthis

Berbagai macam masalah kulit yang datang silih berganti menuntut Anda berpikir keras produk apa lagi yang harus dicoba untuk mengatasinya karena produk yang biasa Anda pakai tidak menunjukan hasil positif. Namun sayangnya, produk yang Anda incar harganya mahal. Lalu, apa yang harus dilakukan? Anda tidak perlu khawatir lagi karena ternyata ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kulit sehat. Salah satunya adalah dengan memakai cuka sari apel atau cuka apel. Bahan yang mudah ditemukan ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk mempercantik dan menyehatkan kulit. Nah, untuk tahu lebih banyak lagi tentang manfaat cuka sari apel untuk kulit, Anda bisa simak artikel berikut ini

Manfaat Cuka Sari Apel Untuk Kecantikan Kulit

Nutrisi yang Terkandung Dalam Cuka Sari Apel

Cuka sari apel diketahui mengandung alpha-hydroxyl acid yang dapat meluruhkan kulit dan lapisan kulit mati, serta mencerahkan lapisan kulit terdalam. Bahan alami ini juga memiliki rasio malic acid tinggi dan dapat bertindak sebagai agen anti-jamur potensial, membersihkan kulit dari kotoran, mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan menjaga kulit tetap bersih.

Lebih dari itu, cuka sari apel juga dapat menyeimbangkan pH alami kulit dan menjaganya tetap terhidrasi, tidak terlalu berminyak atau terlalu kering. Manfaat cuka sari apel yang tak kalah mengejutkan adalah bahwa ternyata bahan ini kaya akan asam amino yang mampu mengunci kelembapan kulit, mencegahnya air keluar melewati pori yang terbuka, serta dapat membantu menyamarkan garis-garis halus.

Cara Mengambil Manfaat Cuka Sari Apel

1. Sebagai Toner Alami

Untuk mengatur dan menyeimbangkan pH alami kulit, Anda dapat mencoba cara berikut. Campurkan ½ cup cuka sari apel dan 1 cup air suling. Celupkan kapas pada larutan tersebut dan oleskan pada kulit wajah. Biarkan selama 5 menit baru kemudian di bilas dengan air dingin. Anda dapat menyimpan sisa larutan tersebut dalam wadah tertutup untuk digunakan lain waktu.

2. Membersihkan Kulit

Untuk membersihkan kulit dari kotoran dan menyingkirkan racun, Anda dapat mencoba masker cuka sari apel. Caranya, campurkan 1 sendok teh earth clay, 1 sendok teh cuka sari apel, dan 1 sendok madu hingga terbentuk pasta lembut. Kemudian, aplikasikan tipis-tipis pada wajah dan leher, lalu biarkan selama 15 – 20 menit. Setelah itu baru dibilas dengan air bersih. Anda bisa coba masker ini 2 x seminggu untuk dapatkan kulit kencang dan bersih.

3. Mengencangkan Kulit

Manfaat cuka sari apel selanjutnya adalah untuk mengencangkan kulit dan mengurangi kemunculan keriput. Hal ini disebabkan karena cuka sari apel mengandung sulfur. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, ambil putih telur dan kocok hingga berbusa. Tambahkan 1 sendok makan cuka sari apel dan aduk hingga merata. Aplikasikanlah tipis-tipis pada wajah dan leher lalu biarkan selama 30 menit. Setelah itu baru dibilas dengan air bersih. Masker ini sangat baik untuk mengencangkan dan melembutkan kulit.

4. Mengatasi Selulit

Sifat astringent yang terkandung dalam cuka sari apel dapat digunakan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sekaligus dapat mengatasi selulit. Caranya cukup mudah, yaitu campurkan 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 2 sendok makan cuka sari apel. Gunakan campuran ini sebagai bahan untuk memijat bagian berselulit dengan gerakan memutar selama 5 menit. Setelah itu, biarkan terserap oleh kulit selama beberapa menit. Anda dapat melakukan ritual ini tiap hari sampai melihat ada perbedaan pada area yang berselulit.

Manfaat cuka sari apel di atas sangat mudah diaplikasikan, murah, dan praktis. Sekarang, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.