4 Cara Jitu Mendapatkan Kenaikan Gaji bagi Wanita Karier

kenaikan gaji bagi wanita

Mendapatkan pendapatan yang besar dan jabatan yang tinggi merupakan dua gol umum bagi setiap pekerja kantoran. Faktanya, riset menunjukkan para pekerja wanita mendapatkan penghasilan yang lebih kecil dibandingkan pria, di satu jabatan yang sama levelnya. Hal ini bisa disebabkan stereotip yang terjadi di dunia kerja sejak lama, yang mana pekerja pria dianggap lebih kompeten dibandingkan pekerja wanita. Nah, lantas apakah Anda harus menerima kenyataannya begitu saja? Adakah cara-cara lebih yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kenaikan gaji bagi wanita yang bekerja di kantor?

Lakukan Cara-Cara Ini agar Mendapatkan Kenaikan Gaji bagi Wanita Karier

Negosiasi Gaji sedari Awal

Linda Babcock dan Sara Laschever, pengarang buku “Women Don’t Ask” menyatakan teori bahwa kenapa masih ada ketidaksamaan antara nilai para pekerja pria dengan wanita adalah karena wanita biasanya memilih tidak menegosiasikan gajinya sejak awal. Padahal, hal ini berdampak besar pada besarnya pendapatan Anda untuk jangka panjang. Kenaikan gaji yang dinegosiasikan dari awal merupakan kunci pertama untuk bisa meraih penghasilan yang lebih tinggi. Intinya, Anda harus bisa lebih menekankan ‘harga jual’ kemampuan Anda kepada perusahaan sejak interview pertama, lalu diskusikan kenapa Anda pantas untuk mendapatkan kenaikan gaji di angka tertentu.

Berani Bersuara

Ada nasehat karier yang menyatakan bahwa biarkan performa kerja yang berbicara untuk Anda. Namun, cara ini kadang juga tidak selalu efektif. Terutama untuk para wanita, kebanyakan merasa takut dengan penolakan maupun konflik yang akan terjadi pada dirinya jika terlalu ‘vokal’ di tempat kerja. Nyatanya, ini yang menyebabkan budaya banyak perusahaan yang masih meninggikan pria untuk menyalurkan ide dan pendapat secara nyata. Anda pun harus menjadi lebih aktif dalam komunikasi di kantor, terutama saat rapat dengan individu-individu yang mampu menilai performa Anda. Kata-kata Anda harus bisa menyuarakan ide dan pendapat Anda dengan jelas dan mudah dicerna, yang mana akhirnya bisa membantu Anda membuat pandangan kesetaraan antara pekerja pria dan wanita.

Baca Juga : Ingin Menjadi Pilot? Ini Tips-Tipsnya agar Sukses

Cari Sekutu

Poin penting untuk mendapatkan kenaikan gaji bagi wanita, Anda tidak bisa melakukannya seorang diri. Anda juga perlu bantuan dari orang-orang di sekitar, karena hubungan yang kuat dengan rekan kerja lainnya merupakan ‘kekuatan’ Anda. Jika atasan Anda sendiri tidak bisa melihat kelebihan Anda atau pura-pura untuk tidak melihatnya, maka mungkin rekan kerja yang betul-betul mengenal Anda bisa membantu untuk membuka mata atasan. Selain itu, memiliki kedekatan yang kuat dengan beberapa rekan kerja bisa menguatkan posisi Anda di kantor sebagai orang yang pintar berkomunikasi, bisa dipercaya, dan diandalkan. Karakter-karakter tersebut merupakan beberapa contoh karakter yang harus dimiliki oleh seorang atasan.

Pilihlah Karier yang Tepat

Laporan dari GlassDoor tahun 2016 menyatakan bahwa ada berbagai faktor yang menyebabkan pekerja wanita mendapatkan gaji yang lebih kecil dibandingkan pria, sekitar 24,1 persen. Pertanyaan yang muncul berikutnya adalah kenapa para wanita masih mau mengambil pekerjaan tersebut. Apakah karier yang Anda ambil masih merupakan akar stereotip di masyarakat? Di mana para pria dan wanita dibedakan latar belakangnya untuk mengambil posisi pekerjaan tertentu berdasarkan gender. Ingat, Andalah yang menentukan jalan karier Anda. Jadilah wanita karier seperti yang Anda inginkan dan kendalikan proses dan jalannya sesuai dengan kemampuan Anda.

Be the first to comment

Beri komentar Anda tentang artikel ini