5 Langkah Ini Mendorong Karyawan Lebih Berinovasi, Terapkan Yuk!

Inovasi penting artinya bagi sebuah perusahaan. Dengan berinovasi sebuah perusahaan mampu meningkatkan keunggulannya sekaligus meningkatkan efesiensi. Inovasi bisa dilakukan di sisi penyediaan produk atau jasa, penyempurnaan model manajemen maupun beragam jenis proses lainnya.

Membangun pemikiran inovatif tentu memerlukan waktu. Namun, budaya inovasi harus selalu dipupuk keberadaannya dalam sebuah perusahaan.

Karyawan tentunya menjadi stake holder yang paling berkepentingan dalam berinovasi. Oleh karenanya, perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal agar ide-ide baru dan aktivitas yang inovatif bisa muncul di perusahaan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan agar karyawan giat berinovasi.

Perkenalkan Misi Perusahaan kepada Karyawan

Inovasi karyawan akan lebih mudah muncul jika karyawan mengetahui misi sebenarnya dari sebuah perusahaan. Pengetahuan karyawan yang memadai terhadap tujuan dan target-target perusahaan akan mendorong karyawan untuk menyediakan solusi atas permasalahan yang timbul.

Proses pengenalan misi perusahaan kepada karyawan hendaknya dilakukan mulai dari karyawan level terbawah hingga ke level manajerial.

Mendengarkan Karyawan untuk Memecahkan Masalah

Seringkali seorang pemimpin tidak mengetahui permasalahan sebenarnya yang dihadapi oleh bawahannya. Dengan mendengarkan dan mengetahui permasalahan sebenarnya yang dihadapi bawahan, seorang pemimpin akan mampu memetakan masalah dan menyediakan solusi yang tepat. Lewat proses ini diharapkan inovasi akan muncul.

Baca Juga: Cara Sleekr Mendorong Karyawan agar Tetap Produktif

Membuka Diri untuk Ide-Ide Baru

Perusahaan hendaknya selalu membuka diri dengan ide-ide baru dan pemikiran inovatif. Bisa saja ide atau solusi yang ditawarkan tidaklah tepat. Namun setidaknya hal tersebut bisa membuka kesempatan untuk memunculkan ide-ide lain yang cemerlang.

Yang juga harus diperhatikan, selain ide dari bawahan, ide-ide baru dan pemikiran yang inovatif juga bisa datang dari pengguna jasa atau produk yang dihasilkan.

Pekerjakan Karyawan dengan Latar Belakang yang Berbeda

Inovasi seringkali lahir dari keberagaman. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk mempekerjakan karyawan dengan latar belakang yang berbeda. Baik pendidikan, pengalaman maupun karakternya. Semakin beragam karyawan yang dimiliki, ide-ide baru akan semakin mudah untuk muncul.

Memperkenalkan dan Mempelajari Mindset Berinovasi

Inovasi adalah mindset. Perusahaan tidak bisa berharap semua karyawannya memiliki kemampuan berinovasi. Namun, berinovasi bukanlah hal yang tidak bisa dipelajari.

Untuk itu, perusahaan bisa membangun sebuah network yang menyedia banyak informasi yang bisa dibagi. Sediakan pula tools dimana informasi tersebut bisa didapatkan.

Selain itu, hadirkan pula tenaga-tenaga kompeten yang mampu mengolah ide-ide mentah dari karyawan menjadi solusi-solusi efektif dalam penyelesaian masalah. Dengan cara ini ide-ide baru akan selalu bisa didapatkan dan perusahaan akan mampu menciptakan keunggulan di berbagai bidang atau di berbagai proses yang sedang dijalani.

Beri komentar Anda tentang artikel ini