Meneladani Gaya Hidup Old Money saat Anda Sudah Mapan

gaya hidup old money
Sumber : Pexels

Lahir miskin itu bukan kesalahan Anda. Tetapi mati dalam keadaan miskin adalah kesalahan Anda. Demikianlah ungkapan yang berupaya menyemangati setiap orang untuk bekerja keras dan mencapai kesuksesan. Faktanya, ada sebagian kecil orang yang beruntung karena dilahirkan dalam keadaan kaya raya. Orang-orang tersebut dikenal dengan istilah old money.

Tak seperti Orang Kaya Baru (OKB) yang perilakunya cenderung norak, old money justru memiliki banyak sisi menarik yang patut Anda pelajari.

Kalau Anda sudah mapan nanti, jangan lupa meneladani beberapa gaya hidup ala old money berikut ini:

Tidak Pernah Memamerkan Kekayaan

Sumber : Bloomberg

Mayoritas orang yang termasuk golongan old money tidak pernah memamerkan kekayaan. Lain halnya dengan OKB atau mayoritas orang lainnya yang hobi mempertontonkan hartanya di media sosial. Banyak orang-orang yang kekayaannya cukup untuk tujuh turunan tetapi tidak memiliki media sosial. Karena menggunakan media sosial dianggap membuang-buang waktu dan rentan mengganggu produktivitas.

Baca Juga: Tips Menggunakan E-money agar Transaksi Makin Praktis dan Aman

Selalu Membeli Barang-Barang Berkualitas

Sumber : Walmart

Punya banyak uang membuat para old money leluasa membeli barang-barang berkualitas yang harganya mahal. Sebenarnya hal tersebut bukanlah suatu pemborosan. Karena kualitas barang mahal tentu jauh lebih baik daripada barang murah atau produk KW (tiruan). Coba Anda bandingkan tas asli seharga dua juta rupiah dengan produk tiruannya yang dijual seharga 100 ribu rupiah. Manakah yang lebih berkualitas dan tahan lama?

Cermat Berinvestasi

Sumber : DBS

Ada anggapan populer bahwa orang yang kaya akan semakin kaya karena cermat mengelola keuangan. Sedangkan orang yang miskin atau pas-pasan justru sulit kaya karena cenderung menghambur-hamburkan uang. Anggapan tersebut memang kerap terjadi di masyarakat. Para old money lebih mudah melipatgandakan kekayaan karena mahir berinvestasi. Sehingga uang yang tidak digunakan pun akan terus bertambah nilainya jika digunakan untuk jenis investasi yang tepat.

Bergaul dengan Sesama Old Money

Sumber : Live Happy

Bukan rahasia lagi bila orang-orang yang kaya sejak lahir biasanya hanya mau bergaul dengan orang lain yang dianggap sederajat. Sama-sama kaya dari lahir dan sama-sama berpendidikan tinggi. Bukan sifat sombong dan picky yang harus Anda teladani dari gaya hidup tersebut. Melainkan keputusan untuk memilih sahabat, teman, atau kerabat yang berkualitas. Kalau Anda berada di lingkungan yang positif, pasti Anda akan turut merasakan dampak positif dalam pergaulan tersebut. Anda akan lebih rajin bekerja, kreatif, dan pandai mengelola keuangan pribadi.

Mungkin Anda tidak dilahirkan dari keluarga old money. Namun, Anda masih bisa berusaha agar keturunan Anda memiliki kondisi finansial yang jauh lebih mapan dari Anda. Jadilah pekerja keras agar anak cucu Anda bisa menjadi generasi old money.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here