Bagaimana Caranya Menentukan Gaji untuk Posisi Baru?

menentukan gaji
Sumber : inc

Jika Anda baru saja membuat sebuah posisi baru yang sebelumnya belum pernah ada di perusahaan Anda, berapa besar yang harus Anda bayarkan sebagai gaji karyawan yang akan memegang posisi tersebut? Jika Anda menentukan gaji yang terlalu rendah, maka Anda bisa-bisa membuat para pelamar kerja yang berkualitas menjauh. Namun, jika gaji tersebut terlalu tinggi, maka Anda akan menghambur-hamburkan sebagian dari anggaran yang bisa digunakan untuk hal lainnya. Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

Daripada sekedar menebak-nebak angka yang tepat, cobalah langkah-langkah berikut ini untuk menentukan gaji yang tepat bagi sebuah jabatan yang masih baru di perusahaan Anda.

Langkah-Langkah dalam Menentukan Gaji untuk Posisi Baru

Atur Rentang Gaji Awal

Sumber : Kredit Gogo

Seberapa besar gaji yang pada umumnya diberikan kepada para karyawan yang baru masuk? Berapa yang biasanya dibuat oleh para karyawan yang sudah bekerja lama? Anda bisa melihat-lihat data untuk informasi ini sebagai bahan pertama untuk menentukan gaji karyawan pada posisi baru yang Anda buka. Misalnya, Anda memutuskan untuk merekrut seorang manajer untuk mengurusi semua kebutuhan Anda dalam pengelolaan teknologi informasi. Sebelumnya, posisi ini sama sekali belum ada. Anda bisa memperkirakan dengan mencari rentang gaji dari pekerjaan level pemula seperti customer service atau bahkan admin perusahaan dan gaji pada posisi tinggi seperti direktur penjualan, lalu menentukan rentang yang tepat berdasarkan angka-angka tersebut.

Baca Juga: Promosi tanpa Kenaikan Gaji? Jangan Terima Kecuali dalam 3 Situasi Ini

Cari Posisi yang Mirip di Perusahaan

pertama kali
Sumber: hai-online

Meskipun tidak pernah ada pekerjaan yang sama sebelumnya di perusahaan tersebut, tetapi biasanya akan ada posisi yang mirip atau setara dengan jabatan tersebut. Seberapa besar Anda membayar orang-orang yang memegang posisi yang mirip? Dan, seberapa besar Anda biasanya membayar karyawan yang bukan naik ke posisi tersebut setelah masa jabatan mereka cukup lama, tetapi masuk sebagai karyawan baru untuk langsung memegang posisi tersebut? Misalnya, posisi yang baru Anda buka adalah manager public relations, dan sebelumnya Anda sudah memiliki karyawan-karyawan yang memegang posisi manajer marketing dan manajer divisi-divisi lain. Anda bisa menentukan gaji manajer baru ini dengan mencari rentang gaji manajer entry level di perusahaan Anda.

Cari Tahu Berapa yang Dibayarkan Para Pesaing Anda

menemukan kandidat terbaik
Sumber : solomonassociates

Salah satu cara terbaik dan paling objektif untuk menentukan gaji pada posisi baru adalah dengan mencari tahu kompetisi sesungguhnya di pasar. Siapa saja perusahaan pesaing yang ada di bidang yang sama di pasar yang sama dengan Anda? Temukan posisi yang sama yang ada di perusahaan tersebut dan dapatkan informasi gaji yang mereka bayarkan untuk posisi ini. Dengan ini, Anda akan bisa memastikan bahwa gaji yang Anda tawarkan cukup kompetitif sehingga menarik para pelamar kerja yang berkualitas.

Untuk mencari tahu, Anda bisa menggunakan situs-situs yang memberikan perkiraan rentang gaji pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi koneksi Anda pada bidang HR di perusahaan-perusahaan lain.

Pertimbangkan Tunjangan dan Fasilitas Non Finansial

Selain gaji bulanan yang berupa rupiah, Anda juga harus memperhitungkan fasilitas dan tunjangan non-moneter saat menentukan gaji di posisi baru. Bagi banyak pelamar, kualitas hidup di tempat kerja punya dampak yang sangat besar dan bahkan bisa jadi lebih penting daripada besarnya gaji secara konvensional. Apakah Anda juga menawarkan tunjangan dan fasilitas yang menarik seperti waktu libur lebih banyak, jadwal kerja yang fleksibel, opsi untuk bekerja dari rumah, atau kesempatan untuk berkembang?

Dengan gaji dan tunjangan yang menarik, paket gaji yang Anda tawarkan juga akan bernilai lebih di mata kandidat.

Selamat menentukan gaji posisi baru tersebut dengan penuh riset yang meyaknkan!

Beri komentar Anda tentang artikel ini