Jangan Lupa Menerapkan Standar Kerja Fresh Graduate Ini saat Merekrut Karyawan

standar kerja fresh graduate
Sumber : Jayson Bagio

Fresh graduate kini tak lagi kesulitan memperoleh pekerjaan setelah lulus sekolah atau kuliah. Karena banyak perusahaan yang justru lebih gemar mempekerjakan fresh graduate. Karena fresh graduate dianggap lebih mudah diarahkan sesuai tujuan perusahaan dan tidak menuntut gaji besar. Kendati demikian, perusahaan tetap harus menerapkan standar kerja fresh graduate dengan tepat. Supaya bisa memperoleh karyawan yang berkualitas dari kalangan fresh graduate.

Beberapa standar kerja fresh graduate berikut ini bisa menjadi acuan bagi perusahaan modern

Punya Pengalaman dalam Organisasi

Sumber : Scan Snap Community

Banyak perusahaan yang menganggap bahwa pengalaman mengelola organisasi tak kalah penting daripada nilai. Fresh graduate yang pernah mengelola organisasi biasanya memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat menyelesaikan pekerjaan secara sistematis. Oleh sebab itu, pengalaman mengelola organisasi patut menjadi salah satu standar kerja fresh graduate yang diterapkan pada proses perekrutan.

Memiliki Ide-Ide Segar untuk Perusahaan

Sumber : Team Lewis

Salah satu keunggulan fresh graduate adalah ide-ide segar yang menarik dan sesuai dengan perkembangan zaman. Seorang fresh graduate berkualitas biasanya tak akan malu-malu menyampaikan ide-ide besar untuk perusahaan. Standar kerja fresh graduate yang satu ini akan memperbesar peluang untuk mendapatkan karyawan baru yang potensial menggerakkan kemajuan perusahaan.

Baca Juga : Seperti Ini Caranya Mendesain Program Magang Sukses dalam 6 Langkah Mudah

Menguasai Teknologi dengan Baik

Sumber : Evolllution

Standar kerja fresh graduate lainnya yang tak kalah penting adalah penguasaan teknologi. Generasi masa kini tentu identik dengan kemampuan teknologi yang mumpuni. Penguasaan teknologi tersebut akan mempermudah proses penyelesaian pekerjaan. Jadi, tak mengherankan bila penguasaan teknologi menjadi salah satu syarat mutlak untuk mendapatkan pekerjaan. Penguasaan teknologi bisa menjadi kompensasi yang tepat bagi fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja.

Mempunyai Kepribadian Menarik dan Komunikatif

Sumber : News Okezone

Komunikasi merupakan kunci utama dalam kerja sama tim. Jadi, seorang fresh graduate sekalipun harus memiliki kemampuan komunikasi yang memadai. Tak hanya untuk urusan komunikasi dengan sesama rekan kerja, melainkan juga untuk menjalin hubungan baik dengan klien bisnis. Semua urusan pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan bila didukung komunikasi yang lancar dengan seluruh pihak yang terlibat.

Cepat Mempelajari Hal-Hal Baru

Sumber : Mr Kempnz

Biasanya perusahaan juga lebih menyukai fresh graduate karena dianggap lebih mudah mempelajari hal-hal baru. Fresh graduate yang cekatan mempelajari hal baru pasti cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja. Sehingga perusahaan tak butuh waktu lama untuk memberikan berbagai materi pekerjaan bagi si fresh graduate. Sikap fresh graduate yang proaktif juga akan membuatnya cepat menyesuaikan kemampuan dengan tim kerja.

Sudahkah perusahaan Anda menetapkan standar kerja fresh graduate yang tepat?

Kalau belum, berarti Anda sendiri yang harus memulainya. Lakukan yang terbaik demi perubahan lingkungan kerja ke arah yang positif.

Beri komentar Anda tentang artikel ini