Ini Alasan Mengapa Mengadakan Program Magang Sangat Berharga bagi Perusahaan Anda

mengadakan program magang
sumber: sgrlaw

Mengadakan program magang untuk mahasiswa tingkat akhir adalah hal yang cukup umum dilakukan oleh perusahaan dalam berbagai skala, tetapi sayangnya masih tidak dipraktikkan oleh banyak perusahaan. Meskipun program magang yang manusiawi tidak seharusnya dilakukan dengan jumlah jam yang tidak wajar, tanggung jawab dan beban kerja yang sama dengan karyawan tetap, serta tanpa adanya biaya tambahan dari peserta, tetapi program magang juga menguntungkan perusahaan sebanyak memberi pengalaman kepada kandidat.

Apa saja keuntungan mengadakan program magang bagi perusahaan?

Ini Manfaat Mengadakan Program Magang bagi Perusahaan Anda

Energi Baru

Kesalahan Karyawan Baru
Sumber: sparkhire

Mahasiswa adalah orang-orang muda yang masih sangat ingin tahu dan penasaran. Mereka bisa membawa energi baru ke dunia kerja. Mengadakan program magang akan mengantarkan para mahasiswa magang yang sangat bersemangat untuk mendapatkan segala pengetahuan yang mereka bisa selama waktu yang mereka habiskan di perusahaan tersebut. Maka, tak heran ada banyak sekali informasi yang bisa diserap, sehingga banyak karyawan magang yang akan datang ke perusahan Anda dengan energi positif yang tinggi dan bisa memberi dampak pada budaya dan lingkungan kerja Anda. Energi karyawan magang ini bisa begitu menular, sehingga merevitalisasi suasana bahkan di antara para veteran di tim Anda.

Baca Juga: Takkan Menyesal, Inilah 4 Manfaat Kerja Magang Sebelum Kamu Lulus Kuliah!

Ide-Ide Baru

Sumber : AICD Company Directors

Lingkungan kerja hari ini berisi berbagai generasi yang berbeda-beda, termasuk generasi baby boomer, generasi X, milenial, dan generasi Z. Saat Anda mengadakan program magang, kemungkinan besar para karyawan magang akan datang dari generasi-generasi yang paling muda, yang turut serta membawa kecintaan terhadap teknologi dan semangat kewirausahaan yang menjadi karakter para milenial dan generasi Z. Kedua hal ini juga akan bisa berpengaruh terhadap staf-staf yang Anda miliki saat ini, sehingga mengarah kepada perubahan-perubahan positif di organisasi tersebut. Selain itu, karena masuk ke dalam lingkungan Anda dengan membawa perspektif orang luar, karyawan magang tersebut juga bisa jadi pemula ide-ide inovatif yang segar dan mampu menginspirasi seluruh anggota tim yang lain.

Produktivitas yang Meningkat

Sumber: invisiblechidlren

Selalu akan ada tugas yang harus diselesakan, dan tim Anda pun selalu butuh bantuan ekstra jika bisa. Apa yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah ini selain dengan bantuan seorang karyawan magang? Mengadakan program magang adalah cara yang terjangkau untuk bisa membawa serta buah pikiran lain untuk menyelesaikan proyek, menarik cara pandang baru, dan juga memberikan karyawan sedikit kesempatan untuk menikmati waktu luang. Ketika karyawan Anda memiliki bantuan lebih dan merasa tidak tertekan, produktivitas mereka bahkan akan meningkat pesan.

Meskipun masih mahasiswa, Anda tak boleh meremehkan kemampuan para karyawan magang. Individu-individu ini ada di sana untuk belajar, bekerja, dan mengalami proyek-proyek dunia nyata. Jangan takut untuk membiarkan mereka mengerjakan proyek-proyek sesungguhnya. Tetapi, jika Anda juga tidak membayar karyawan magang Anda, jangan mengeksploitasi mereka pula.

Umpan Balik Berharga

menyampaikan umpan balik
Sumber: caba

Para karyawan magang adalah para orang asing yang melihat ke dalam perusahaan Anda, yang mana menempatkan mereka pada posisi yang prima untuk memahami kekurangan-kekurangan serta kesempatan-kesempatan untuk meningkatkan perusahaan dan tim Anda yang mungkin terlewatkan oleh karyawan jangka panjang Anda. Para karyawan magang ini bisa memberikan umpan balik kepada Anda, tim Anda, dan perusahan Anda secara umum. Sangat penting untuk mendengarkan apa yang mereka sampaikan, karena ini bisa membantu Anda dalam kompetisi dan meningkatkan kualitas tempat kerja Anda.

Itulah beberapa keuntungan mengadakan program magang di perusahaan. Siap merekrut karyawan magang terbaik?

Beri komentar Anda tentang artikel ini