3 Alasan Mengapa Anda Harus Mengadakan Wawancara Informasional

wawancara informasional
Sumber: monster

Banyak orang yang bingung mengenai apa itu wawancara informasional dan bagaimana ini bisa membantu mereka dalam mendapatkan pekerjaan. Pada dasarnya, wawancara informasional adalah ketika Anda mewawancara seorang karyawan dari perusahaan yang Anda lirik untuk mendiskusikan pekerjaan atau industri tempat mereka bekerja. Pekerjaan Anda sebagai seorang pewawancara adalah menanyai hal-hal yang tepat untuk bisa belajar dari pengalaman orang yang Anda wawancarai. Misalnya, jika Anda sedang berencana membuat lompatan karir dari bidang Jurnalisme ke bidang Desain Grafis, maka Anda lebih baik bicara dengan orang-orang yang selama ini bekerja di dunia Desain untuk mengerti apa saja yang diperlukan untuk melakukan lompatan karir ini. Anda juga bisa langsung mengadakan wawancara ini dengan orang-orang dari perusahaan target Anda.

Mengapa Anda harus mengadakan wawancara informasional? Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa Anda ambil dari wawancara ini.

Manfaat Menjadwalkan Wawancara Informasional dengan Pelaku Industri Target Anda

Meningkatkan Kesan Profil Anda

Cara Meningkatkan Kesempatan Untuk Mendapat Pekerjaan Saat Wawancara Kerja
Sumber: Mykelly

Sebuah wawancara informasional adalah sebuah kesempatan untuk tampil sebagai seorang profesional yang cerdas, ingin tahu, dan menyenangkan. Mengapa tidak bekerja dengan orang seberkualitas Anda? Pertemuan ini adalah kesempatan yang sempurna untuk menjual diri Anda hanya dengan menjadi diri Anda sendiri. Setiap orang suka membicarakan tentang diri mereka sendiri dan membantu orang lain, jadi dengan menanyakan hal-hal yang tepat, Anda memposisikan diri Anda pada sebuah tempat yang baik. Anda juga memiliki kesempatan untuk membicarakan apa yang tengah Anda cari di karir Anda berikutnya. Semakin banyak orang yang tahu apa yang Anda cari pada pekerjaan Anda yang berikutnya, semakin tinggi pula kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat dari biasanya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kesempatan untuk Mendapat Pekerjaan saat Wawancara Kerja

Menunjukkan Keahlian Anda

Pengalaman Anda akan terpampang jelas ketika Anda mengajukan berbagai pertanyaan kepada orang yang Anda wawancarai. Apalagi jika Anda adalah veteran pada industri tersebut, maka Anda pasti tak akan kesulitan berbagi kisah pribadi dan buah pikiran yang bermakna. Begitu pula jika Anda masih baru dalam bidang ini. Anda bisa menjadi rookie yang terlihat menonjol jika Anda mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang penting dan bermkana tentang industri yang ingin Anda masuki ini. Sebelumnya, Anda tentu wajib belajar dulu sebanyak-banyaknya mengenai industri dan perusahaan karyawan yang akan Anda wawancarai. Lalu, posisikan diri Anda sebagai kolega sekaligus rekan sejawat yang bisa membawa wawancara tersebut ke arah yang seru dengan pertanyaan-pertanyaan mengelitik yang Anda ajukan.

Mengidentifikasi atau Mengeliminasi Kesempatan

interview kerja di tempat umum
Sumber: workopolis

Tak peduli seberapa banyak riset yang Anda lakukan, kadang-kadang Anda hanya butuh informasi dari seseorang yang sudah ada di bidang itu untuk mendapatkan gambaran sesungguhnya dari kehidupan di bidang atau pekerjaan baru tersebut. Karena, jika Anda hanya mengandalkan riset dari membaca di internet, Anda tidak bisa mendapatkan gambaran utuh dari sebuah pekerjaan. Bukan merupakan hal yang tak umum bahwa satu jabatan di satu perusahaan bisa begitu berbeda detail tanggung jawabnya dengan di perusahaan lain.

Misalnya, jika selama ini Anda bekerja sebagai guru bahasa Inggris, dan ingin pindah pekerjaan menjadi Student Advisor untuk Lembaga pendidikan bahasa tertentu, apa yang Anda dengar dari Student Advisor di sana mungkin tak sama dengan yang Anda kira. Misal, Anda tak menduga bahwa pekerjaan ini ternyata lebih berhubungan dengan penjualan daripada konsultasi pendidikan. Dengan melakukan wawancara informasional, Anda bisa mengidentifikasi apakah sebuah kesempatan yang Anda lirik ternyata sesuai dengan ekspektasi Anda atau tidak. Nantinya pada saat proses rekrutmen, Anda tak akan kaget lagi jika tak seperti yang Anda sangka.

Jadi, tunggu apa lagi. Segera cari kontak di perusahaan yang Anda taksir dan ajak salah satu karyawan untuk makan malam sembari wawancara!