Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan oleh HRD saat Mengadakan Wawancara Kerja

mengadakan wawancara kerja
Sumber : teachertoolkit

Wawancara kerja adalah sebuah bagian proses rekrutmen yang sangat penting. Pada saat inilah, Anda benar-benar mengenal sang kandidat. Apa yang memotivasi mereka? Bisakah mereka memikirkan penyelesaian masalah dalam waktu singkat? Apakah ia cocok dengan budaya perusahaan Anda? Namun, untuk mengetahui apakah seorang kandidat cocok atau tidak dengan pekerjaan yang sedang terbuka, mendengarkan jawaban mereka saja tidak cukup. Anda harus memerhatikan dan melakukan berbagai hal saat mengadakan wawancara, termasuk hal-hal berikut ini.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dari Kandidat saat Mengadakan Wawancara Kerja

Bagaimana Cara Sang Kandidat Bersikap?

wawancara keluar
Sumber : collegeeforadultlearning

Anda tentu ingin kandidat yang nampak santai dan percaya diri. Karena, meskipun wawancara kerja bisa jadi momen yang sangat membuat stres bagi calon karyawan, begitu pula dengan pekerjaan itu sendiri sehingga Anda butuh seseorang yang bisa menangani hal-hal yang ada di luar zona nyaman mereka.

Sang kandidat idealnya duduk dengan nyaman di kursinya dan menunjukkan ketertarikan terhadap apa yang Anda katakan lewat bahasa tubuhnya. Meskipun ada sedikit bahasa tubuh yang menunjukkan kegugupan, ia bisa menguasainya. Ia juga seharusnya bisa menjaga kontak mata dengan Anda saat mendengarkan pertanyaan dan memberikan respon Anda. Cara bicaranya pun harus dengan volume dan kecepatan yang masuk akal.

Namun, Anda harus berhati-hati, beberapa orang dengan disabilitas tertentu mungkin akan kesulitan melakukannya dan ini bukanlah tanda mereka tidak mampu. Jangan sampai bias ini memengaruhi keputusan Anda secara tidak adil saat mengadakan wawancara.

Baca Juga: Tips Memilih Waktu Terbaik untuk Membuat Jadwal Wawancara Kerja

Apakah Ia Sudah Benar-Benar Menjawab Pertanyaannya?

Hati-hati! 3 Kesalahan Fatal Interview Kerja Berikut Tidak Akan Ditoleransi
Sumber: Nypost

Kadang-kadang, Anda akan menemui seorang kandidat yang menjawab dengan lancar dan brilian saat Anda mengadakan wawancara kerja. Sayangnya, jawaban dari kandidat ini kurang cocok dengan pertanyaan yang Anda ajukan. Jika ini terjadi, artinya sang kandidat sudah mempersiapkan jawaban itu dulu dari rumah.

Tentu saja, HRD mana sih yang tidak suka dengan kandidat yang hadir dengan penuh persiapan? Namun, Anda pasti tidak senang kalau kandidat itu memberikan jawaban dari hal yang tidak Anda tanyakan, seberapa sempurna pun jawaban itu. Ini menunjukkan bahwa sang kandidat tidak bisa mendengarkan dengan penuh perhatian atau berpikir dengan cepat untuk menemukan jawaban saat itu juga. Tak jarang, jawaban yang sudah disiapkan sebelumnya juga terdengar agak tidak alamiah dan bahkan cenderung robotik.

Apakah Sang Kandidat Memiliki Kualitas yang Tak Dimiliki Tim Anda?

Cara Terbaik yang Dapat Anda Lakukan Untuk Mempresentasikan Diri Saat Interview Kerja
Sumber: Hrwatchdog.calchamber

Saat mengadakan wawancara, pihak HRD mana pun pasti akan cenderung menyukai para kandidat yang menjawab dengan cara yang sama dengan yang akan dilakukan oleh mereka sendiri. Dan memang, kadang-kadang jawaban Anda memang paling pas karena Anda adalah yang membuat pertanyaan wawancara tersebut. Namun, tak jarang, ada sejumlah jawaban yang bisa diterima yang agak berbeda satu dengan lainnya. Bisa jadi ide yang sangat bagus jika Anda memilih mempekerjakan kandidat yang berpikir dengan cara yang tidak sama dengan Anda atau anggota tim lain. Kandidat ini akan melengkapi tim Anda dan bisa menemukan permasalahan yang Anda dan anggota tim lain mungkin tidak bisa lihat.

Pertanyaan Seperti Apa yang Ditanyakan kepada Anda?

nego gaji pada pekerjaan pertama
Sumber: atg

Sang kandidat terbaik pasti sudah mengantisipasi bahwa Anda akan memberikan kesempatan baginya untuk mengajukan pertanyaan. Jadi, jika ia tidak siap, maka ini adalah hal yang fatal. Pertanyaan yang dipilih untuk ditanyakan kepada Anda bisa memberitahu Anda apa yang memotivasi sang kandidat dan seberapa tertarik ia sebenarnya dengan pekerjaan tersebut dan dengan perusahaan tersebut secara keseluruhan. Jadi, perhatikanlah hal ini baik-baik saat sedang mengadakan wawancara kerja dengan kandidat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here