Mau Mengajukan KPR untuk Karyawan Kantoran? Sudah Tahu Ini Belum?

Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk memiliki rumah pribadi.     Setelah kamu memiliki penghasilan sendiri, sebaiknya kamu segera mewujudkan rencana memiliki rumah. Sejumlah bank menawarkan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk karyawan dengan syarat mudah dan bunga relatif ringan.

Kalau kamu berencana mengajukan KPR untuk karyawan dalam waktu dekat ini, sebaiknya kamu sudah mengetahui seluk beluknya terlebih dahulu. Apa saja?

Memilih Lokasi Rumah yang Strategis

Jika kamu tidak ada rencana resign dalam waktu lima tahun ke depan, sebaiknya kamu memilih rumah yang lokasinya dekat dengan kantor. Kalaupun kamu tidak langsung menempatinya, kamu masih bisa mengontrolnya dengan mudah karena jaraknya dekat dengan kantor. Pastikan pula bahwa lokasi rumah pilihanmu dekat dengan berbagai fasilitas umum dan akses transportasi umum.

Menentukan Bank yang Tepat

Tidak semua bank menyediakan program KPR istimewa untuk karyawan. Masih banyak bank yang menetapkan bunga KPR tinggi dan berisiko membebani kondisi keuanganmu.

Bila kamu akan mengajukan KPR, carilah banyak informasi tentang bank dengan program KPR terbaik. Tenor yang lama dan bunga ringan akan membuat kondisi keuanganmu tetap stabil selama proses KPR belum selesai.

Baca Juga: Inilah Ciri-Ciri Bahwa Anda Sudah Mantap Mengajukan KPR

Sudah Berstatus sebagai Karyawan Tetap

Salah satu syarat yang mesti kamu penuhi bila ingin mengajukan KPR untuk karyawan adalah status sebagai karyawan tetap. Biasanya bank akan menyetujui pengajuan KPR bila kamu sudah berstatus pegawai tetap dengan masa kerja lebih dari dua tahun.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang dapat dipercaya serta memiliki kondisi keuangan yang stabil. Berjuanglah menjadi karyawan tetap di perusahan tempat kamu bekerja agar pengajuan KPR semakin mudah.

Menyiapkan Uang Muka dalam Jumlah Cukup Besar

Uang muka (Down Payment atau DP) juga menjadi persyaratan penting dalam pengajuan KPR. Usahakan untuk menyiapkan uang muka dalam jumlah besar agar cicilan KPR menjadi lebih ringan dan singkat.

Demi mengumpulkan uang muka dalam jumlah besar, kamu harus konsisten menjalani gaya hidup hemat. Batasilah gaya hidup konsumtif supaya keinginan memiliki hunian pribadi lekas tercapai.

Mempelajari Reputasi Pengembang Properti secara Cermat

Jangan lupa pula mempelajari reputasi pengembang properti secara cermat. Kamu harus memilih pengembang properti yang reputasinya baik dan sudah beroperasi selama puluhan tahun. Ada banyak penipuan berkedok KPR rumah murah lho. Nggak mau kan uang kamu raib hanya karena ceroboh memilih pengembang properti.

Jadi, bergegaslah memanfaatkan fasilitas KPR untuk karyawan agar bisa segera memiliki rumah pribadi. Karena rumah pribadi bukan sekadar tempat tinggal, tetapi juga aset yang nilainya berharga di masa kini dan masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here