Ide Startup Baru Dapat Muncul dari Langkah-Langkah Ini

Apakah Anda berencana membangun sebuah startup? Di tengah banyaknya startup yang bermunculan, tentu Anda butuh sesuatu yang berbeda untuk bertahan sebagai perusahaan rintisan. Ide startup baru sebenarnya dapat diperoleh dari mana saja selama Anda peka terhadap lingkungan dan masyarakat. Nah, coba buat ide startup baru dari cara-cara berikut ini!

Ide Startup Baru Biasanya Bermula dari Masalah yang Anda Alami

Kondisi jalan ibu kota yang macet membuat orang-orang Jakarta lebih suka menggunakan motor daripada mobil atau kendaran umum lainnya. CEO Gojek, Nadim Makarim, menemukan ide mendirikan Gojek dari kegelisahannya saat kesulitan mendapatkan tukang ojek di ibu kota. Ia bermimpi bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin naik ojek tanpa harus susah payah mencarinya ke ojek pangkalan.

Masalah yang sering Anda alami dapat menjadi awal dari ide startup Anda. Cobalah membuat beberapa daftar masalah yang Anda temui dan juga dirasakan orang-orang di sekitar Anda. Semakin banyak masalah Anda temukan, maka sebenarnya peluang untuk membuat sebuah startup semakin besar pula.

Membahas Masalah Tersebut dengan Orang-Orang yang Merasakan Hal Sama

Buatlah diskusi ringan dengan beberapa teman Anda tentang masalah yang Anda alami. Coba periksa apakah masalah tersebut juga ternyata banyak dialami teman-teman Anda. Gali harapan teman-teman Anda terhadap masalah tersebut. Ini adalah awal dari Anda menentukan sebuah ide dari banyak masalah.

Jangan remehkan kekuatan mengobrol santai dengan teman atau rekan kerja. Ide startup baru bisa muncul dari obrolan tersebut. Bahkan, kalau Anda benar-benar terjun langsung ke dalam masalah tersebut, maka Anda lebih mudah untuk menemukan solusi tepat yang nantinya bisa diaplikasikan di startup Anda.

Manfaatkan Google Trends untuk Menemukan Ide Startup Baru

Selain mencoba membuat daftar masalah sehari-hari, Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk mencari ide. Gunakan Google Trends untuk mengamati pola ketertarikan konsumen beberapa tahun belakang ini. Anda bisa melihat hal-hal apa saja yang belakangan ini sangat digemari dan bisa menjadi peluang untuk Anda membangun startup baru.

Topik populer yang sering muncul di Google Trends juga dapat Anda manfaatkan untuk mengubahnya menjadi ide. Membuat sesuatu yang sudah dikenal masyarakat tentu memudahkan bisnis Anda. Anda cukup memberi sentuhan baru sebagai identitas untuk membedakan diri dengan startup lain.

Baca Juga: 5 Alasan Membangun Startup yang Seharusnya Anda Miliki

Cari Tahu Bisnis Apa yang Sedang Mengalami Kemunduran

Menghidupkan kembali bisnis yang tengah mati suri juga bisa menjadi ide startup baru. Cobalah melakukan riset kecil mengenai bisnis yang sedang mengalami kemunduran. Cari tahu apa saja penyebabnya dan jangan lupa melihat masih adakah peluang untuk membangkitkannya kembali.

Bisnis yang mulai mati suri biasanya karena tidak mampu mengikuti perkembangan zaman dan sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Nah, tugas Anda adalah mencari tahu kembali apa harapan baru konsumen untuk bisnis tersebut. Siapa tahu Anda bisa memberikan kreativitas baru di bisnis tersebut dan mengembangkannya di startup.

Munculkan Ide Startup Baru dengan Memodifikasi Startup Sukses di Luar Negeri

Ide bisa datang dari mana pun, termasuk contoh beberapa startup sukses di luar negeri. Cari tahu masalah apa yang mampu diselesaikan oleh startup tersebut, bagaimana cara kerjanya, dan apakah hal tersebut masih relevan dilakukan di Indonesia. Tidak ada yang salah kok dari belajar tentang startup sukses di luar negeri karena dari situlah wawasan Anda juga semakin bertambah.

Buatlah sedikit modifikasi dari startup yang Anda pelajari dan pastikan sesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Dengan begitu, Anda bisa membuat startup baru dengan ide yang sebelumnya sebenarnya sudah ada.

Bagaimana? Sudah siapkah Anda dengan membuat ide startup baru? Kuncinya adalah peka pada masalah, berikan solusi, dan cermati setiap peluang yang muncul. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here