5 Langkah Mengalihkan Pekerjaan kepada Karyawan Baru

mengalihkan pekerjaan
Sumber : Famvin

Keputusan resign memang menjadi hak semua karyawan. Namun, bukan berarti Anda boleh mengabaikan pekerjaan ketika sudah mengajukan resign. Proses mengalihkan pekerjaan kepada karyawan baru harus dilakukan secara sistematis. Agar perusahaan lama Anda tidak kewalahan mengurus pekerjaan yang terbengkalai.

Setelah mengajukan resign, selanjutnya Anda wajib melakukan lima langkah ini ketika mengalihkan pekerjaan ke karyawan baru

Mengumpulkan Semua Dokumen

Sumber : Tes

Hal pertama yang wajib Anda lakukan saat mengalihkan pekerjaan adalah mengumpulkan semua dokumen. Siapkan semua dokumen dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. Jangan lupa pula merangkum link dokumen yang harus diakses secara online. Serahkan semua dokumen secara langsung agar tidak ada yang terlewatkan atau hilang. Anda pasti butuh waktu cukup lama untuk melakukan hal ini. Jadi, jangan buang-buang waktu dan cobalah melakukannya secara bertahap setiap hari.

Baca Juga: Tetap Peka, Inilah 4 Tanda Sederhana Bahwa Waktunya Resign Telah Tiba!

Menjelaskan Informasi tentang Alur Pekerjaan

Sumber : Legal Language

Setelah berkenalan dengan karyawan baru, cobalah menjelaskan informasi singkat tentang alur pekerjaan. Karyawan baru yang sudah profesional sekali pun tetap membutuhkan tahapan ini. Agar karyawan tersebut memperoleh gambaran singkat mengenai hal-hal yang harus diurus di perusahaan.

Memberikan Daftar Pekerjaan yang Belum Selesai

Sumber : Blogit

Mungkin saja ada pekerjaan yang belum selesai ketika Anda sudah harus resign. Untuk menunjukkan tanggung jawab, Anda wajib menginformasikannya kepada karyawan baru. Sampaikanlah hal-hal penting tentang pekerjaan yang masih on going. Maka proses mengalihkan pekerjaan pun akan berlangsung lancar dan tidak membuat karyawan baru kebingungan.

Jangan Lupa Memberikan Semua Kontak Penting

Sumber : Siemens

Selama menuntaskan pekerjaan, Anda pasti selalu berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari rekan-rekan kerja di kantor hingga klien dari perusahaan lain. Itulah sebabnya Anda juga wajib memberikan semua kontak penting tersebut kepada karyawan baru. Ketika mulai mengalihkan pekerjaan, jangan lupa memberi tahu semua kontak tersebut tentang karyawan yang akan menggantikan Anda.

Lakukan Diskusi Langsung dengan Karyawan Baru

Sumber : TD

Untuk menunjukkan tanggung jawab Anda kepada perusahaan, jangan malas melakukan diskusi langsung dengan karyawan baru. Supaya karyawan baru tersebut leluasa meminta bantuan tentang hal-hal yang belum dipahami. Hal sederhana ini akan menjadi nilai tambah bagi Anda sebagai mantan karyawan. Karena Anda dianggap bertanggung jawab dan tidak mengabaikan pekerjaan-pekerjaan yang belum selesai.

Proses mengalihkan pekerjaan memang butuh kesabaran dan waktu yang cukup lama. Lakukanlah dengan baik demi mempertahankan citra sebagai karyawan profesional.

Beri komentar Anda tentang artikel ini