Jangan Cuma Terima Gaji, Ini Nilai Positif Bekerja yang Lebih Penting

Money can’t buy anything. Tak semua orang bisa memahami pernyataan tersebut. Sebagian besar orang bekerja demi mencari uang untuk kelangsungan hidupnya. Tak ayal, mereka rela bekerja keras hingga larut malam, bahkan hingga melupakan kesehatannya. Mirisnya, begitu mereka jatuh sakit, penghasilan mereka terkuras untuk biaya pengobatan.

Apakah Anda termasuk dalam golongan pekerja di atas? Ada baiknya Anda mulai melihat sisi positif lain dari bekerja yang bisa Anda ambil. Ya, selain menerima gaji, ada banyak lho nilai positif bekerja yang bisa Anda miliki seperti ulasan berikut.

Anda Beruntung karena Berkesempatan ‘Belajar Gratis’ Selama Bekerja

Rasa kecewa ketika menerima gaji yang tak sepadan dengan kerja keras wajar saja Anda tunjukkan. Mungkin Anda menganggap atasan tak sanggup melihat performa kerja Anda yang memuaskan. Mulai sekarang, ubahlah mindset bekerja sebaik-baiknya demi gaji yang tinggi.

Anggaplah bekerja sebagai media untuk Anda bisa belajar. Setiap hari Anda akan menemui masalah baru dan artinya Anda belajar hal baru. Jika di bangku sekolah dan kuliah Anda harus membayar demi belajar, maka kali ini Anda tidak perlu membayarnya karena justru Andalah yang dibayar selama belajar di kantor. Bisakah Anda memahami nilai positif bekerja ini?

Jangan Bekerja Hanya untuk Menyenangkan Atasan

Mungkin Anda memiliki rasa takut pada atasan sehingga berusaha bekerja tanpa cacat demi menyenangkan hatinya. Pola pikir semacam ini juga sebaiknya dihapus. Apabila Anda bekerja demi menyenangkan atasan, Anda akan sedikit menerima nilai positif bekerja.

Lain halnya ketika Anda bekerja dengan sungguh-sungguh demi memperoleh hasil yang memuaskan. Anda tak hanya bisa memenuhi ekspektasi atasan, tapi juga Anda dapat merasakan proses demi proses yang dijalani selama menjalankan tugas dari atasan. Dengan begitu, Anda akan lebih menghargai pekerjaan.

Nilai Positif Bekerja adalah Mengalami Peningkatan Kualitas Diri

Bekerja hampir mirip dengan sekolah. Anda mengalami kenaikan kelas setiap tahun ketika bersekolah. Begitu pun dengan bekerja, Anda akan mengalami peningkatan kualitas dari tahun ke tahun. Kalau Anda memilih bekerja hanya untuk mendapat gaji setiap bulan, maka Anda hanya akan stuck di satu posisi yang tak membuat Anda ‘naik kelas’.

Sementara jika Anda bekerja untuk mendapatkan goal di setiap pekerjaan, Anda akan tumbuh menjadi pribadi dengan kualitas lebih baik. Bahkan, bukan tak mungkin Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik setelah berpengalaman bekerja selama beberapa tahun.

Baca Juga: Profesional, Ini Cara yang Tepat Menanyakan Gaji Saat Wawancara Kerja

Mengapresiasi Hasil Jerih Payahmu adalah Salah Satu Nilai Positif Bekerja

Jangan biasakan diri Anda hanyut dalam pekerjaanmu hingga lupa untuk sekadar berlibur atau hangout. Bekerja juga tak melulu mengumpulkan uang saja. Sekali-sekali ambillah beberapa hari untuk cuti dan buatlah rencana liburan singkat untuk me-refresh pikiran.

Jika tak memungkinkan bagi Anda untuk mengambil cuti, maka luangkan sedikit waktu selepas bekerja untuk hangout bersama teman-teman. Tak perlu takut uang Anda akan habis untuk jalan-jalan karena Anda sewajarnya berhak untuk menikmati hasil jerih payah bekerja.

Anda Bisa Memberi Manfaat untuk Orang Lain melalui Pekerjaan

Hal lain yang bisa Anda cari dari pekerjaan adalah manfaat apa yang bisa diberikan bagi orang lain. Percayalah bahwa pekerjaan yang Anda jalani pasti bermanfaat buat sesama. Arsitek berjasa membuat desain sebuah rumah yang menjadikan si empunya rumah merasa nyaman di dalamnya. Dokter berjasa menyembuhkan orang-orang sakit. Akuntan berjasa mengelola keuangan orang-orang. Penulis berjasa menghibur orang-orang melalui ceritanya. Pastikan Anda memahami nila positif bekerja. Jadikanlah bidang pekerjaan Anda untuk dapat membantu sesama.

Nah, mulai sekarang Anda tak perlu terbebani dengan dogma bekerja demi menerima gaji semata. Hal-hal di atas tadi membuktikan bahwa masih banyak nilai positif bekerja berharga lain yang bisa Anda temukan. Jadilah seseorang yang bekerja dengan hati yang tulus, keinginan untuk maju, dan jangan lupa ciptakan kebahagiaan di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here