Mengapa Teman Facebook Anda Penting bagi HRD Perusahaan yang Anda Lamar?

6
Sumber: asn

Pada beberapa tahun terakhir ini, ada cukup banyak kehebohan mengenai HRD atau perwakilan perusahaan yang mengecek halaman Facebook kandidat potensial yang melamar kerja. Bahkan, berdasarkan penelitian yang terpercaya, setengah dari kandidat yang dicek halaman Facebook-nya ditolak karena konten yang ditemukan oleh perusahaan di sana. Dengan sekitar 1/7 populasi dunia yang menggunakan Facebook, Anda akan bisa melihat mengapa pihak perekrut dan pencari kerja menganggap bahwa Facebook penting digunakan dalam proses rekrutmen kerja. Namun, bagaimana seandainya pihak perusahaan mengambil satu langkah lebih jauh, dan mengecek profil teman-teman Anda? Jika mereka sudah mengecek profil Anda, maka apa yang akan menghentikan mereka membuka-buka profil teman Facebook Anda juga? Ini adalah beberapa alasan bahwa para perekrut bisa begitu peduli dengan teman-teman Facebook Anda.

Ini Alasan Mengapa HRD Mungkin Mengecek Teman Facebook Anda

Asosiasi Anda Memberitahu HRD Apakah Anda akan Cocok dengan Budaya Perusahaan

postingan di facebook

Setiap perusahaan memiliki pandangan yang berbeda mengenai berbagai hal seperti minum, merokok, obat-obatan, mengumpat, dan tindakan atau perilaku profesonal. Bergantung pada jenis perusahaan dan nilai-nilai yang dipercaya si bos, sebuah lingkungan kerja bisa begitu konservatif atau begitu terbuka dimana bahkan para karyawannya sering pergi ke luar untuk menikmati pesta club bersama-sama. Bisa menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan adalah hal besar dan banyak HRD yang akan melihat kelompok teman FB Anda untuk melihat indikasi apakah Anda akan cocok dengan perusahaan tempat Anda melamar atau tidak.

Misalnya, jika profil Anda sangat bersih, namun setiap orang di daftar teman Facebook Anda memiliki profl yang penuh dengan perbaruan mengenai dunia kebut-kebutan malam, misalnya, beberapa HRD akan menganggap ini adalah tanda buruk. Di sisi lain, jika teman-teman Anda nampak seperti orang-orang yang cocok dengan budaya kerja peruusahaan, maka Anda juga akan dinilai bisa cocok pula. Ini adalah sebuah generalisasi, namun banyak sekali terjadi untuk bisa dengan mudah menilai kandidat tanpa benar-benar mengenal mereka.

Baca Juga : Percaya atau Tidak, 5 Tipe Postingan di Facebook Ini Bisa Membuat Anda Kehilangan Pekerjaan

Teman Facebook Menunjukkan Seberapa Luas Jaringan Anda

networking

Facebook mungkin memang bukan sebuah platform yang khusus dibuat untuk membangun jaringan, namun beberapa perusahaan yang mempekerjakan dalam bidang marketing atau sales bisa jadi akan melihat koneksi Anda secara serius. Mengetahui klien potensial atau profesional berpengaruh di dalam industri ini bisa benar-benar meningkatkan kesempatan Anda untuk diperhatikan. Pihak HRD perusahaan mungkin juga akan mencari orang yang bisa digunakan sebagai referensi, sehingga membangun daftar teman Facebook yang kuat bisa sangat membantu Anda untuk bisa dipekerjakan.

Teman yang Juga Bekerja di Perusahaan yang Sama Bisa Jadi Pertanda Baik

Membangun Relasi
Sumber : mentornetwork

Beberapa orang mendapatkan pekerjaan dengan cara punya jaringan orang dalam. Kadang kala, HRD perusahaan memang akan melihat-lihat Facebook Anda untuk melihat apakah Anda memiliki teman Facebook yang bekerja di perusahaan itu. Jika Anda punya dan ia adalah karyawan dengan reputasi baik dan bisa memberikan rekomendasi yang baik terhadap etika kerja Anda, maka ini bisa jadi sebuah nilai lebih. Sebaliknya, jika salah satu dari teman Facebook Anda baru dipecat misalnya, karena melakukan hal buruk seperti korupsi atau tidak jujur, maka ini bisa mengurangi kesempatan Anda diterima. Jika Anda punya teman yang meninggalkan pekerjaan di perusahaan yang Anda lamar karena hal yang tidak baik, maka Anda mungkin akan dihakimi, meskipun bagi Anda ini tidak adil.

Itulah alasan-alasan mengapa pihak HRD perusahaan mungkin akan mengecek teman Facebook Anda.