Duh, Chrome Tidak Bisa Dibuka, Bagaimana Mengatasinya?

Sumber: google

Ada banyak alasan mengapa Chrome menjadi browser yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Alasannya, sederhana, cepat dan tersedia banyak extension (plug-in) untuk meningkatkan performanya. Namun, chrome juga bisa mengalami crash atau tidak bisa dibuka. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasinya.

Sebelumnya, pahami dulu penyebab mengapa chrome mengalami crash dan tidak bisa dibuka. Yaitu,

Membuka Tab Terlalu Banyak

Setiap tab chrome yang terbuka menggunakan tenaga CPU dan memori komputer. Semakin banyak tab yang terbuka, maka semakin banyak pula tenaga CPU dan memori komputer yang digunakan. Kalau tenaga CPU dan memori komputer terlalu banyak digunakan, hal ini bisa menyebabkan tab mengalami crash.

Penggunaan Extension yang Tidak Tepat

Tidak semua extension atau plug-in layak untuk digunakan. Beberapa extension justru menguras penggunaan CPU dan memori komputer. Kalau sudah terlalu banyak, bisa mengakibatkan Chrome menjadi crash dan tidak bisa dibuka.

Virus/malware

Komputer yang terkena virus/malware juga bisa menjadi penyebab mengapa Chrome mengalami crash. Sebabnya bisa karena Chrome digunakan untuk mengunjungi website yang menularkan virus/malware.

Cara Mengatasi Chrome yang Crash atau Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa cara untuk mengatasi browser Chrome yang crash atau yang tidak bisa dibuka. Dari mulai me-reboot komputer Anda, hingga menonaktifkan salah satu fitur Chrome. Berikut ini langkah-langkahnya:

Mengatasi “Aw, Snap!” Saat Membuka Browser

Anda pernah mendapatkan peringatan “Aw, Snap!” saat membuka Chrome? Peringatan lain yang juga biasanya ditampilkan adalah “something went wrong while displaying this webpage”.

Untuk kendala seperti ini, Anda bisa mengatasinya dengan membuka properties (klik kanan pada ikon chrome)> pilih tab shortcut > di kolom target, setelah Application\chrome.exe” dan spasi, tambahkan: –no-sandbox > klik OK. Lalu coba kembali buka browser Anda.

Reboot Komputer Anda

Bila browser Chrome mengalami crash atau tiba-tiba tidak bisa dibuka, cobalah untuk menutup semua tab yang sudah terlanjur terbuka. Lalu, buka buka kembali aplikasi Chrome Anda.

Jika cara tersebut tidak berhasil, cobalah untuk me-reboot komputer, dilanjutkan dengan membuka kembali aplikasi Chrome.

Menonaktifkan Extension

Karena extension atau add-on cukup banyak menguras tenaga CPU dan memori, cobalah untuk menonaktifkan extension untuk sementara waktu. Anda juga bisa menghapus extension tersebut jika dirasa benar-benar tidak diperlukan.

Baca Juga: 10 Ekstensi Google Chrome Yang Anda Harus Tahu

Nonaktifkan Hardware Acceleration

Chrome memiliki sebuah fitur bernama hardware acceleration yang berfungsi menjadikan browser bekerja lebih baik dalam menampilkan dan memutar video. Namun, fitur ini juga bisa menjadi penyebab Chrome menjadi crash atau tidak bisa dibuka.

Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk menonaktifkan hardware acceleration (setting > advanced > system > pilih nonaktifkan hardware acceleration)

Lakukan virus scan

Virus atau malware juga bisa menyebabkan kinerja Chrome terganggu. Untuk itu, lakukan scan pada komputer untuk mencari tahu keberadaan virus/malware.

Bagi pengguna Windows, Anda bisa mengunduh aplikasi Windows Malicious Software Removal Tool untuk melakukan scan. Atau, Anda juga bisa mengunduh aplikasi virus scanner lainnya.

Uninstall Aplikasi Chrome

Cara terakhir untuk mengatasi Chrome yang crash adalah dengan meng-uninstall aplikasi tersebut lalu meng-install nya kembali.

Dengan mencoba melakukan beberapa cara diatas, diharapkan browser Chrome Anda tidak lagi menjadi crash dan bisa dibuka untuk digunakan kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here