Jabatan Kamu Diturunkan, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Selain Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), ada satu hal lain yang juga tidak diinginkan oleh karyawan dalam menjalani kariernya. Yaitu, jabatan diturunkan oleh atasan/perusahaan. Penurunan level jabatan merupakan salah satu tanda karier karyawan mendapatkan hambatan. Dari sisi jumlah gaji, penurunan jabatan juga bukan merupakan hal yang positif.

Lebih dari itu, penurunan level jabatan sebaiknya mendapatkan perhatian dari karyawan yang bersangkutan. Karena, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda perusahaan akan melakukan PHK.

Namun jika kamu mengalaminya, ada banyak hal yang bisa dilakukan agar keputusan tersebut tidak membuatmu semakin terpuruk.

Jangan Baper Meskipun Jabatan Diturunkan

Jika jabatan diturunkan, tentunya kamu akan merasa kecewa atau marah. Tapi, sebisa mungkin cobalah untuk menenangkan diri dan melakukan introspeksi. Jika kamu tidak menerima keputusan tersebut, hal itu justru akan merugikanmu. Semisal, atasan bisa saja tidak akan memperhatikan perkembangan kariermu di kemudian hari.

Selain itu, cobalah untuk tidak membuktikan bahwa keputusan yang diambil perusahaan adalah salah. Kamu mungkin melakukannya dengan cara menyanggupi pekerjaan yang sebenarnya belum mampu dikerjakan. Atau kamu mengambil keputusan tanpa sepengetahuan atasan dan rekan kerja. Hal ini justru akan mendatangkan masalah dan kerugian yang lebih besar. Baik bagi kariermu maupun bagi perusahaan.

Baca Juga: Ssst, Ini Rahasia agar Kamu Cepat Dapat Promosi Jabatan

Mendukung Perusahaan Mencapai Tujuan

Kalau jabatan diturunkan, kamu pasti lebih mudah untuk bertentangan dengan perusahaan. Namun, sebaiknya hal itu jangan dilakukan. Cobalah untuk tetap bekerjasama dengan rekan kerja dan jangan berhenti memberikan kontribusi bagi perusahaan. Baik dengan cara menjalankan peranmu semaksimal mungkin, ataupun dengan menciptakan terobosan.

Di sisi lain, tetaplah terbuka untuk menerima feedback dari atasan atau rekan kerja. Dengan begini, kamu akan kembali mendapatkan perhatian dari atasan atau perusahaan.

Jabatan Baru Memperkaya Sudut Pandang

Penurunan jabatan bisa jadi mendatangkan keuntungan lebih banyak dari yang kamu kira. Semisal, tanggung jawabmu menjadi berkurang. Sehingga kamu bisa punya lebih banyak waktu luang. Kamu juga jadi tidak mudah stres dan lebih nyaman dalam bekerja.

Di sisi lain, dengan menjalankan peran yang berbeda, kamu bisa melihat situasi pekerjaan/perusahaan dari sudut pandang yang berbeda. Hal ini juga akan mendatangkan manfaat bagi pengembangan kariermu di masa yang akan datang.

Semisal, jika diturunkan levelnya dari manajemen ke operasional, kamu bisa mengidentifikasi masalah apa yang sering terjadi di level operasional dan mencari solusinya. Kamu juga punya banyak kesempatan memberikan ide agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih efektif dan efisien.

Jabatan yang diturunkan bukanlah akhir dari segalanya. Sebaiknya, hal itu bisa menjadi cambuk bagi kesuksesan kariermu di masa yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here