Mengatasi Karyawan Berulah Itu Mudah, Lakukan Ini Saja

Di kantor, kamu tidak bisa bekerjasama kalau salah satu karyawan atau rekan kerjamu berulah. Namun, kamu tetap punya kewajiban untuk mengatasi masalah akibat karyawan yang berulah.

Mengapa kamu harus mengatasi rekan kerja atau karyawan yang berulah? Karyawan berulah bisa menurunkan produktivitas. Tidak hanya itu, karyawan yang berulah juga menyebabkan tujuan menjadi tidak tercapai.

Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan kalau ingin mengatasi karyawan berulah di kantor atau tempat kerja.

Mendengarkan Karyawan yang Berulah

Cobalah untuk mendengarkan keluhan atau keinginan yang ingin disampaikan karyawan yang bersangkutan. Sehingga kamu bisa mengetahui apa penyebab ketidakpuasan, kekhawatiran atau kemarahannya.

Caranya, dengan menjadwalkan pertemuan empat mata untuk memberikan kesempatan kepadanya untuk berbicara. Dengan begini, kamu tidak hanya bisa mendengarkan keinginannya. Lebih dari itu, kamu juga mencegah ulahnya tidak menular pada karyawan lainnya.

Memberikan Feedback

Karyawan atau rekan kerjamu mungkin memang berulah. Namun, kamu juga harus bisa membedakan apakah masalah timbul karena ulahnya, atau karena kinerjanya yang buruk.

Setelah kamu mengetahuinya, kamu bisa memberikan teguran atau kritik membangun untuk menyelesaikan masalah atau memperbaiki kinerjanya. Dengan begini, karyawan merasa tidak sendirian dalam menghadapi masalahnya.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Menegur Rekan Kerja agar Kesalahan Tidak Terulang

Konsisten dan Hindari Gosip

Setelah mendengarkan apa yang ingin disampaikannya, berusahalah untuk konsisten. Semisal, jika karyawan yang berulah tidak menyelesaikan tugas tertentu, maka kamu harus menegurnya setiap kali ia tidak mengerjakan tugas tersebut. Hindari menegurnya sesekali atau hanya saat kamu ingin menegurnya.

Selain itu, cobalah untuk tidak menceritakan ulah seorang karyawan pada karyawan lainnya. Pasalnya, hal ini bisa memunculkan rasa ketidakpercayaan atau persepsi negatif di kantor. Selain itu, kamu juga akan terlihat tidak profesional dalam menghadapi masalah.

Mengatasi Karyawan Berulah dengan Bersabar dan Mengevaluasi Emosi

Menghadapi karyawan atau rekan kerja yang berulah memang gampang-gampang susah. Selain itu, mengatasinya juga membutuhkan waktu. Oleh karenanya, pastikan untuk selalu bersabar. Namun, kamu tetap perlu mengetahui progres dari perbaikan yang kamu lakukan atau dukungan yang kamu berikan.

Di sisi lain, jagalah emosimu agar karyawan yang berulah tidak memprovokasimu. Dokumentasikan juga aktivitas yang dilakukannya, jadi ketika sewaktu-waktu kamu perlu melaporkannya ke atasan atau HRD, kamu punya alasan yang kuat.

Selain melakukan hal-hal di atas, kamu juga harus optimis kalau usahamu mengatasi karyawan yang berulah akan berhasil. Namun, jika tidak berhasil, kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan. Oleh karena itu, dalam hal ini ada baiknya kamu selalu berkomunikasi dengan atasan atau HRD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here