Kiat Ampuh Mengatasi Karyawan Underperformance di Perusahaan

karyawan underperformance
Sumber : Zest For

Produktivitas karyawan sangat berpengaruh terhadap pencapaian perusahaan. Itulah sebabnya perusahaan wajib memperhatikan perkembangan karyawan dari waktu ke waktu. Jangan sampai karyawan underperformance kian memburuk dan telanjur sulit ditangani.

Karyawan underperformance butuh perhatian lebih agar produktivitas kerjanya kembali meningkat.

Jadi, alangkah lebih baik bila perusahaan bisa melakukan beberapa kiat ampuh ini:

Mengidentifikasi Masalah secara Cermat

Sumber : GQ Systems

Ketika menemukan karyawan underperformance, hal pertama yang harus dilakukan perusahaan adalah proses identifikasi masalah. Tim HRD juga memiliki wewenang untuk mencermati kondisi karyawan. Banyak faktor yang bisa menyebabkan penurunan produktivitas, misalnya beban kerja yang berlebihan, konflik dalam tim kerja, atau masalah pribadi. Jika proses identifikasi masalah berhasil dilakukan, maka penanganan penurunan produktivitas karyawan bisa dilakukan secara mudah.

Baca Juga: Membuat Karyawan Betah di Perusahaan? 3 Tips Ini Merangkum Caranya

Berusaha Meminimalkan Subjektivitas

Sumber : TD

Menjunjung tinggi sportivitas memang sulit dilakukan ketika menghadapi karyawan underperfomance. Terutama jka karyawan yang bersangkutan memang dikenal sebagai pribadi yang bermasalah dan kurang kooperatif. Namun, subjektivitas tetap harus diminimalkan ketika mengatasi karyawan bermasalah. Sehingga stabilitas perusahaan bisa tercipta melalui kerja sama karyawan-karyawan yang bertindak profesional. Jadi, sebaiknya perusahaan mengusahakan agar penanganan karyawan bermasalah dilakukan oleh pihak yang bisa bersikap netral.

Melakukan Pendekatan Personal

menanggapi kritik atasan
Sumber : Career Addict

Pendekatan personal biasanya menjadi jalan terbaik untuk mencari tahu tentang penyebab karyawan underperformance. Apalagi bila karyawan tersebut memang dekat dengan rekan-rekan kerja dan atasan. Melalui pendekatan personal, seorang karyawan biasanya tidak canggung menceritakan tentang masalah yang dialaminya. Maka rekan kerja dan atasan yang melakukan pendekatan akan merasa leluasa memberikan saran serta motivasi secara akurat. Karyawan yang bermasalah pun tak akan merasa terusik dengan saran dan kritik dan orang-orang terdekat.

Mengadakan Training atau Hal-Hal Baru Lainnya

Sumber : 1 Training

Tak jarang pula para karyawan menunjukkan penurunan produktivitas karena merasa bosan dengan rutinitas kerjanya. Itulah sebabnya training, workshop, atau hal-hal baru lainnya menjadi sangat penting bagi para karyawan. Pelatihan yang dikemas dengan cara menyenangkan akan meningkatkan semangat karyawan. Perusahaan harus memilih jenis training yang bermanfaat dan bisa langsung dipraktikkan dalam rutinitas kerja. Maka ilmu-ilmu baru tersebut akan menggugah semangat kompetisi sehat di antara para karyawan.

Jangan menyerah dulu ketika harus menghadapi karyawan underperformance yang menyulitkan perusahaan. Jadikan hal tersebut sebagai pengalaman untuk mengenal berbagai karakter orang di dunia kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here