Bosan WFH dan Merasa Kesepian? Coba Atasi dengan Cara Ini Dulu!

Bosan work from home (WFH) tentu mulai dirasakan sebagian besar karyawan, apalagi sudah 2,5 bulan lamanya sistem kerja ini dijalankan. Bukan hanya rasa bosan, tidak jarang juga ada yang mengalami rasa kesepian dan rindu bertemu teman-teman. Apakah kamu juga mengalaminya?

Jika tidak mampu mengelola rasa sepi dengan baik, besar kemungkinan dapat memengaruhi kesehatan mentalmu. Ini hal-hal yang bisa kamu lakukan saat mulai bosan WFH agar tidak terjebak dalam kesepian yang berkepanjangan.

Buat Selingan Kegiatan di Sela Bekerja Saat Mulai Bosan WFH

Meski hanya di rumah saja, kegiatan bekerja sehari-hari tetap berjalan terus. Kamu tetap bekerja delapan jam sehari, bedanya hanya kini kamu bekerja sendirian. Ada kalanya kamu merasa mudah lelah dan stres karena tidak ada rekan kerja yang bisa diajak bicara.

Untuk tetap menjaga kesehatan mental, coba beri jeda waktu di tengah bekerja untuk melakukan kegiatan lain. Misalnya, kamu sempatkan diri memasak selama satu hingga satu setengah jam menjelang jam istirahat untuk mengendurkan pikiran. Selingan kegiatan sangat bermanfaat untuk menjaga pikiranmu tetap waras dan tidak mudah stres.

Agar Tidak Bosan WFH, Adakan Video Conference dengan Teman-Temanmu

Manakala rindu akan teman atau rekan kerja tidak terbendung, tidak ada salahnya kamu menyapa mereka via video conference. Tentu kamu sudah melewatkan begitu banyak momen bertemu mereka, apalagi di bulan puasa ini. Usir rasa kesepianmu dengan berkomunikasi dengan mereka.

Bisa tatap muka secara langsung melalui video conference sangat membantu kamu lebih bersemangat. Kamu tidak lagi dihantui rasa kesepian karena masih memiliki banyak teman. Percaya saja, terpisah oleh jarak seperti sekarang hanya berlangsung sementara kok.

Baca Juga: Work From Home: Kebiasaan Baru untuk Perbaikan Sistem Kerja

Kala Kesepian Melanda, Musik Bisa Menjadi Teman Terbaik

Bosan WFH memang sangat rentan menjadikan seseorang merasa kesepian. Di saat sulit bertemu siapa pun, kadang musik dapat menjadi penyelamat. Memutar musik kesukaan dapat memunculkan rasa bahagia bagi siapa pun yang mendengarnya.

Oleh sebab itu, siapkan beberapa playlist kesukaanmu untuk menemani kesendirianmu. Musik juga bermanfaat untuk merangsang konsentrasi saat bekerja. Sesekali ikutlah bersenandung mengikuti irama musik agar hari-harimu diliputi keceriaan.

Hiburan Streaming Membantumu Mengatasi Rasa Bosan WFH

Saat mall ditutup, otomatis semua hiburan yang biasa kamu nikmati pun terbatas. Kebiasaan menonton film di akhir pekan pun hilang. Solusinya, carilah film atau tontonan streaming agar kamu tidak merasa benar-benar kehilangan hiburan.

Sekarang ini begitu banyak platform yang menyediakan layanan hiburan streaming, mulai dari musik, film, hingga podcast. Jadi, isilah waktu senggangmu dengan “me time” sambil menikmati hiburan-hiburan tadi. Jangan sampai menghabiskan waktu di rumah hanya untuk bekerja semata ya.

Semoga pelan-pelan kamu sanggup mengusir rasa bosan WFH selama dua bulan lebih ini ya. Ingat untuk selalu menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan agar tidak rentan stres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here