Ketakutan dalam Bekerja dan Cara Mengatasinya, Simak Ya!

Ketakutan dalam bekerja kerap menjadi penyebab munculnya rasa stres bagi karyawan. Bukan hanya tentang tekanan pekerjaan, melainkan juga faktor lainnya. Mulai dari tuntutan finansial, keluarga, hingga masalah pribadi. Itu sebabnya, penting bagi para karyawan untuk bisa mengenali diri sendiri agar ketakutan-ketakutan tersebut tidak muncul.

Lalu, apa saja ya ketakutan dalam bekerja yang paling sering dihadapi karyawan masa kini? Buat kamu para generasi milenial dan generasi Z, penting nih untuk paham hal berikut ini.

Ketakutan dalam Bekerja yang Kerap Dialami Generasi Milenial dan Generasi Z

Jika para generasi tua dulu lebih sering dibebankan pada masalah milenial, maka generasi milenial dan generasi Z mengalami hal yang lebih kompleks. Masalah kesehatan mental kerap menjadi isu utama yang melanda generasi sekarang. Imbasnya, masalah lain pun muncul, seperti hubungan sosial, finansial, karier, hingga keluarga.

Tidak heran kalau generasi zaman sekarang begitu mudah mengalami stres kerja. Di sinilah pentingnya menanamkan prinsip mencintai diri sendiri agar kecemasan saat bekerja tak mudah muncul. Harus diakui bahwa proses untuk belajar mencintai diri sendiri pun butuh waktu agak lama.

Menerima Rasa Takut Tersebut, Bukan Menyangkalnya

Tenang, ketakutan dalam bekerja adalah hal yang sangat wajar dialami siapa pun. Sebelum kamu menjadi stres berlebihan karena ketakutan tersebut, ada hal lain yang lebih penting. Ya, kamu harus menerima rasa takut itu tanpa perlu menyangkalnya dengan berpura-pura baik-baik saja.

Rasa penyangkalan akan rasa cemas dan takut hanya memperburuk keadaanmu. Saat kamu sudah mampu menerimanya, hatimu akan lebih tenang. Kamu pun dapat menyembuhkan rasa takut itu pelan-pelan hingga kamu mulai terbiasa menghadapi ketakutanmu.

Baca Juga: Awali Menyukai Pekerjaan dengan Mencintai Diri Sendiri Terlebih Dulu

Membuang Pikiran Jelek adalah Salah Satu Cara Mengurangi Ketakutan dalam Bekerja

Beranikan diri untuk melawan rasa cemas dan takut dengan membuang pikiran jelek. Ingat, apa yang kamu pikirkan mencerminkan dirimu yang sesungguhnya. Jadi, selama kamu berpikir dan merasa tak layak akan pekerjaanmu, selama itulah kamu akan menjadi seperti itu.

Cintai dirimu dengan lebih positif agar pikiran jelek dapat kamu buang. Kamu layak untuk bekerja dengan baik dan menerima hasil yang terbaik. Kamu tidak pernah seburuk apa yang selama ini kamu pikirkan.

Sesekali Beri Hadiah untuk Diri Sendiri untuk Mengusir Ketakutan dalam Bekerja

Mungkin tidak banyak orang bisa melihat kemampuan atau prestasimu. Ketika perusahaan tidak mampu memberi hadiah yang tepat untukmu, cobalah untuk apresiasi diri sendiri. Menghargai hasil kerja keras sendiri juga merupakan bentuk dari self love.

Sekecil apa pun hasil kerjamu, biasakan untuk menghargainya. Lakukan hal-hal sederhana seperti memberi tepuk tangan untuk diri sendiri atau sesekali jajan enak selepas bekerja keras. Dengan begitu rasa takut, cemas, dan lelah pun dapat sedikit terangkat karena kamu tahu kalau kamu sudah cukup bekerja keras.

Semoga ketakutan dalam bekerja yang selama ini kamu miliki juga dapat segera lewat ya. Jangan lupa untuk selalu mencintai diri sendiri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here