Mau Mengatasi Ketombe Membandel? Gunakan Cara Alami Berikut Yuk!

mengatasi ketombe membandel
Sumber: Healthline

JOB-LIKE – Memiliki masalah ketombe membandel bisa membuat seseorang merasa malu dan kesal, karena seringkali masalah rambut ini diiringi dengan rasa gatal pada kulit kepala. Ketombe sendiri adalah hasil dari masalah kulit kepala kering, atau kondisi kulit yang disebut dengan seborrheic dermatitis. Penyebab lainnya bisa jadi karena eksim, psoriasis, atau pemicu yang sangat umum adalah pertumbuhan jamur berlebih yang disebut malassezia. Memang ada banyak produk shampo untuk mengatasi ketombe membandel, namun Anda juga bisa menyingkirkannya dengan cara alami. Dan berikut adalah beberapa di antaranya.

Mengatasi Ketombe Membandel dengan Cara Alami

1. Aspirin

Sumber : preeclampsia

Aspirin diketahui mengandung bahan aktif (asam salisilat) sebanyak shampo yang diformulasi untuk mengatasi ketombe. Cara melakukannya juga mudah, yaitu dengan menghancurkan 2 butir aspirin hingga terbentuk bubuk halus. Anda bisa menambahkannya saat mencuci rambut dengan shampo biasa. Biarkan selama 1–2 menit baru kemudian dibilas dan dicuci lagi dengan shampo biasa.

2. Tea Tree Oil

tea tree oil

Salah satu studi menunjukkan bahwa shampo yang mengandung paling tidak 5 persen tea tree oil secara signifikan dapat mengurangi masalah ketombe yang parah. Atau, Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes tea tree oil pada shampo favorit Anda dan mencucinya seperti biasa. Minyak esensial ini juga dapat mengurangi efek dari kondisi kulit kepala yang tidak membuat nyaman.

3. Baking Soda

Baking Soda

Baking soda juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi ketombe membandel. Untuk melakukannya, basahi rambut lalu aplikasikan 1 genggam baking soda pada kulit kepala sambil digosok-gosok dengan lembut. Lewatkan memakai shampo dan langsung saja dibilas. Baking soda ini dapat membantu mengurangi jamur yang secara aktif dapat menyebabkan ketombe. Pertama-tama, rambut Anda mungkin akan terasa kering, namun setelah beberapa minggu kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami dan membuat rambut lebih lembut dan bebas ketombe.

Baca Juga: Cuaca Panas Bikin Rambut Lepek dan Kusam? Begini Cara Merawat Rambut saat Matahari Sedang Terik

4. Cuka Sari Apel

Mendamba Kulit Sehat? Simak Manfaat Cuka Sari Apel Berikut
Sumber: Eatthis

Menurut Dr. Mehmet Oz, cuka sari apel dapat digunakan untuk mengatasi ketombe membandel karena keasaman cuka sari apel dapat mengubah pH kulit kepala, membuat jamur sulit untuk tumbuh. Untuk melakukannya, campurkan ¼ cup cuka sari apel dengan ¼ cup air lalu masukan dalam botol spray. Selanjutnya, semprotkan pada kulit kepala dan lakukan pijatan ringan selama 2-3 menit. Bungkus kepala Anda dengan handuk dan biarkan selama 30–60 menit, baru kemudian dicuci dengan shampo biasa. Anda dapat melakukan perawatan rambut ini 2 kali seminggu.

5. Mouthwash

Untuk mengatasi masalah ketombe akut, cucilah rambut dengan shampo seperti biasa, kemudian bilas dengan alcohol-based mouthwash. Ikuti dengan memakai kondisioner. Di sini mouthwash memiliki sifat anti-jamur sehingga dapat membantu mencegah tumbuhnya jamur yang menjadi penyebab ketombe.

6. Minyak Kelapa

Apa Iya Minyak Kelapa Dapat Digunakan Untuk Mengatasi Jerawat? Berikut Penjelasan Sains
Sumber: Mnn

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ketombe adalah dengan mengaplikasikan minyak kelapa. Sebelum mandi, pijatlah kulit kepala dengan 3–5 sendok makan minyak kelapa selama 2–3 menit lalu biarkan selama 1 jam. Setelah itu Anda dapat mencuci rambut dengan shampo seperti biasa. Anda juga dapat mencari produk shampo yang diperkaya dengan minyak kelapa.

7. Lemon

Cara alami lain yang bisa Anda lakukan untuk menyingkirkan ketombe adalah dengan memanfaatkan lemon. Lemon diketahui memiliki keasaman tinggi yang dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kepala. Caranya adalah dengan mengaplikasikan 2 sendok makan sari lemon pada kulit kepala sambil melakukan pijatan selama 2–3 menit, baru kemudian dibilas dengan air bersih. Selanjutnya, aduk campuran dari 1 sendok teh sari lemon dengan 1 cup air, dan gunakan campuran tersebut untuk membilas rambut. Ulangi perawatan rambut ini sampai ketombe hilang selamanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here