Nervous Stomach: Saat Kamu Sakit Perut Akibat Cemas Berlebihan

Semua orang pasti pernah merasa gugup dalam hidupnya. Rasa gugup tersebut tak cuma memengaruhi performa dan penampilan, melainkan juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi akibat gugup adalah nervous stomach (perut gugup).

Gejala nervous stomach yang paling akrab bagi sebagian besar orang adalah sakit perut. Sebenarnya, apa yang menyebabkan gangguan kesehatan tersebut rentan terjadi?

Kondisi Otak yang Gugup Memengaruhi Sistem Pencernaan

Otak merupakan organ tubuh yang mengendalikan berbagai organ lainnya melalui sistem saraf. Kondisi gugup atau panik yang terjadi akan memengaruhi saraf enterik untuk memberikan sinyal pada sistem pencernaan. Sinyal tersebut memberikan perintah memperlambat atau menghentikan sistem pencernaan untuk sementara waktu.

Akibatnya, kamu jadi rentan mengalami nervous stomach yang berujung pada sakit perut serta gejala-gejala lainnya. Kondisi yang tidak nyaman tersebut bisa terjadi ketika kamu akan melakukan hal yang penting (ujian sekolah, sidang skripsi, wawancara kerja, dan melamar pasangan) atau mengambil keputusan.

Baca Juga: Kecemasan Generasi Milenial di Tempat Kerja Bikin Produktivitas Menurun

Beragam Gejala yang Disebabkan Nervous Stomach

Selain menyebabkan sakit perut, nervous stomach biasanya juga memunculkan gejala lainnya, seperti:

  • Perut terasa kram, kembung, dan tidak nyaman.
  • Bagian dalam perut terasa panas dan disertai mual.
  • Gemetar, menggigil, dan keluar keringat dingin.
  • Sesak napas.
  • Cepat kenyang saat makan.
  • Ingin buang air kecil atau buang air besar terus-menerus.

Bagaimana Cara Mengatasi Perasaan Gugup yang Berlebihan?

Meskipun gugup adalah hal yang manusiawi, kamu harus mengatasinya dengan cara yang tepat supaya tidak mengalami nervous stomach. Ternyata nervous stomach tidak dikategorikan sebagai penyakit sehingga tak dapat diatasi dengan obat-obatan. Namun, kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengatasi perasaan gugup dan rasa sakit pada perut:

  • Gunakanlah obat gosok hangat atau minyak angin pada bagian perut. Sehingga kram otot akibat gugup akan sedikit berkurang dan kamu jadi lebih rileks.
  • Mengonsumsi minuman yang punya efek menenangkan seperti green tea, mint tea, atau minuman berbahan dasar jahe. Efek relaksasi dari bahan-bahan alami akan membuatmu merasa lebih tenang.
  • Jangan lupa membatasi konsumsi kafein saat kamu sedang gugup atau panik. Kandungan kafein dalam kopi dan bahan makanan lainnya malah bisa membuat saraf semakin tegang sehingga kamu jadi makin panik.
  • Memasang aroma terapi pada diffuser. Aroma terapi yang aromanya menenangkan akan membuat kamu terbebas dari kepanikan berlebihan.
  • Mempraktikkan tahapan meditasi sederhana dan teknik mengatur pernapasan agar kamu merasa lebih tenang sebelum melakukan sesuatu atau mengambil keputusan.

Jangan sampai nervous stomach membuat rencana dan aktivitasmu jadi berantakan. Mengatur diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih tenang tentu tidak sulit jika kamu sudah tahu kelemahanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here