Punya Musuh di Kantor? Ini 5 Cara Profesional untuk Mengatasinya

Memiliki musuh dalam hidup bisa sangat kompleks, tetapi ketika kamu bekerja dengan mereka, tentu hal tersebut bisa sangat sulit. Frenemy (friend enemy) adalah seseorang yang memiliki hubungan bersahabat denganmu namun kalian berdua tidak saling menyukai. Jadi, apa yang dapat dilakukan bila hal ini terjadi di tempat kerja? Berikut ini 5 cara ketika punya musuh di kantor. Yuk, tangani masalah ini secara profesional.

Simpan Ide untuk Dirimu Sendiri

Jika kamu merasa bahwa ‘lawan’ di kantor mungkin mencuri ide-ide proyekmu dan mendapatkan pujian atas hal tersebut, maka kamu tidak boleh membagikan ide-ide yang tengah kamu pikirkan dengan siapa pun sampai waktunya tepat.

Sampaikan ide tersebut selama rapat atau hanya dengan bos, tanpa ada orang lain. Bahkan membagikan ide dengan seseorang yang kamu pikir adalah teman mungkin menjadi bumerang ketika mereka membeberkan ide tersebut dan saingan di kantor mendengarnya. Jadi, berhati-hatilah akan semua ide yang kamu bagikan.

Jangan Bergosip tentang Punya Musuh di Kantor

Simpan opini tentang frenemy untuk dirimu sendiri. Menyebarkan gosip tentang siapa pun hanya mengarah pada beberapa jenis kehancuran dan dapat menyebabkan konsekuensi serius tergantung pada bagaimana gosip itu dirasakan dan oleh siapa.

Jika atasan mendengar kata-kata kebencian terhadap rekan kerja yang keluar dari mulutmu, hal ini mungkin bisa jadi bumerang untuk kariermu.

Jangan Memancing Keributan

Memancing keirbutan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Gosip, seperti yang disebutkan di atas, dapat menjadi bibit awal. Persaingan bisa menjadi hal yang baik karena dapat membantu kamu meningkatkan diri sendiri, tetapi juga bisa sangat merusak jika tidak terkendali.

Kata-kata yang keluar saat marah tentu bisa sangat tidak terkendali. Jika kamu telah ‘dibakar’ oleh musuh di kantor, jangan mencoba untuk membalasnya. Api tidak akan pernah berhenti jika kalian berdua membalas satu sama lain setiap kali ada masalah.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Hubungan Kerja Positif untuk Tingkatkan Kinerja

Introspeksi Diri

Lihatlah dirimu sendiri dan lihat apakah ada sesuatu yang kamu lakukan yang mungkin menambah masalah. Apa yang dapat kamu lakukan untuk memerbaiki hubungan dengan frenemy?

Mungkin kamu akan melihat bahwa jika sikapmu berubah. Kamu sebenarnya bisa memiliki hubungan lebih baik meski punya musuh di kantor.

Tetap Bersikap Profesional Meski Punya Musuh di Kantor

Seperti biasa, tangani dirimu sendiri ecara profesional. Jika kamu memilih untuk menghadapi musuh, lakukan itu secara pribadi di depan orang lain. Sekali lagi, jangan bergosip. Gosip tidak pernah profesional.

Bersikap baiklah dengan kata-kata yang terlontar atau lebih baik jangan katakan apa pun. Jika itu yang terjadi, menjauhlah atau hindari musuhmu untuk menghindari masalah lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here