Sering Susah Tidur Setelah Lembur? Begini Cara Ampuh Mengatasinya!

Aktivitas lembur tentu membuat kamu lelah dan ingin lekas beristirahat. Celakanya, masalah susah tidur setelah lembur memang kerap mengintai. Padahal tubuh sudah sangat letih dan butuh istirahat yang cukup.

Jangan pesimis dulu kalau kamu sering susah tidur setelah lembur. Cobalah melakukan beberapa cara ini agar kualitas tidur kembali terjaga:

Selalu Membersihkan Diri Terlebih Dahulu

Manfaat mandi tak boleh diabaikan begitu saja karena mandi bukan sekadar membersihkan diri. Lebih dari itu, mandi bisa membuat tubuh dan pikiranmu menjadi lebih rileks.

Biasakan mandi dengan air dingin agar kulit tetap sehat dan otot-otot tubuh mengalami relaksasi secara maksimal. Bila tubuh sudah lebih rileks setelah mandi, kamu pun akan lebih mudah tertidur nyenyak pasca lembur.

Menjauh Sejenak dari Gadget

Kalau sudah lelah lembur selama beberapa jam, sebaiknya kamu menjauh sejenak dari gadget. Karena tubuh butuh istirahat yang cukup agar kamu kembali bugar. Usahakan untuk tidak menengok notifikasi gadget atau scrolling timeline di media sosial.

Bila perlu, kamu patut mengaktifkan mode silent pada smartphone. Berikan waktu untuk diri sendiri agar lebih tenang dan siap tidur nyenyak usai lelah bekerja.

Baca Juga: Persiapan Menginap di Kantor yang Harus Dipahami Para Karyawan

Meditasi Sebelum Tidur

Sejumlah masalah pekerjaan yang belum selesai tentu menjadi beban pikiran yang mengganggumu. Namun, usahakan agar beban pikiran tersebut tidak mengganggu waktu istirahat kamu.

Bila susah tidur setelah lembur, cobalah melakukan meditasi selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Meditasi yang benar akan membuat kamu lebih tenang dan efektif meningkatkan kualitas tidur secara signifikan.

Mendengarkan Musik-Musik Klasik

Jarang sekali ada orang menyukai musik klasik. Sebenarnya, kamu justru sangat membutuhkan musik klasik jika sering susah tidur setelah lembur. Alunan musik klasik akan menstabilkan gelombang otak sehingga membuat pikiranmu lebih tenang. Setelah mendengarkan musik klasik, kamu pun akan lebih mudah mengantuk dan bisa beristirahat maksimal usai lembur kerja.

Membaca Buku Bila Susah Mengantuk

Kecenderungan susah tidur juga bisa diatasi dengan cara membaca buku. Selain ampuh mengatasi insomnia, membaca buku juga efektif meningkatkan kreativitas dan fokus.

Setelah membaca buku selama beberapa saat, kemungkinan besar kamu akan lebih mudah mengantuk. Siapkanlah beberapa buku favorit di kamar tidur untuk mengantisipasi kondisi susah tidur setelah lembur.

Jangan sampai susah tidur setelah lembur membuat kualitas kesehatan kamu menurun, ya. Tubuh dan pikiran harus mendapatkan istirahat yang cukup pasca lembur kerja yang melelahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here