Stres Kerja di Startup? Coba Lakukan Hal Ini Biar Lebih Rileks!

Stres kerja di startup rasanya bukan menjadi rahasia lagi ya. Meski bekerja di perusahaan rintisan digadang-gadang menjadi sesuatu yang keren, ternyata tekanan saat di sana juga cukup tinggi.

Jika kamu sering merasa stres kerja di startup, mencoba lebih peka pada hal-hal ini bisa membuat lebih tenang.

Asal Paham Batas Lelahmu, Stres Kerja di Startup Tidak Akan Kamu Rasakan

Kondisi perusahaan yang cenderung tidak stabil kadang memang memaksa para karyawan startup untuk bekerja lebih keras. Ada kalanya santai, tetapi ada pula momen saat harus kejar target tanpa henti. Kemungkinan yang paling sering terjadi adalah jam kerjamu bisa bertambah dua kali lipat.

Penambahan beban kerja ini tentu rentan membuatmu stres. Untuk itulah kamu harus terlebih dahulu peka pada kondisi fisik dan mentalmu. Pahami kalau tubuh dan pikiran sudah lelah agar tak perlu memaksakan diri bekerja terlalu keras setiap hari.

Aktif Bergerak di Kantor Bikin Mood Lebih Baik

Pekerjaan yang sulit jangan melulu dibawa frustrasi. Sesekali bergeraklah dari meja dan kursi kerja dan buat obrolan kecil dengan rekanmu sebentar saja. Siapa tahu kamu justru mendapat jawaban dari masalah setelah mengobrol dengan rekan kerjamu.

Seharian hanya duduk sambil bekerja dengan laptop tentu tak baik. Oleh sebab itu, seringlah berjalan kaki untuk meregangkan badan. Kalau perlu, keluarlah cari makan bersama rekan-rekan kerja agar ada aktivitas berjalan kaki.

Baca Juga: Mau Berkarier di Startup? Cermati Dulu Poin Ini Baik-Baik

Stres Kerja di Startup Bisa Dikurangi dengan Refreshing Sejenak

Bekerja diburu target pun perlu sedikit jeda. Pikiran yang buntu tidak akan membantu untuk menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu. Istirahatlah sejenak dan isi kembali energimu dengan melakukan hal yang menyenangkan.

Beberapa startup biasanya menyediakan playground bagi para karyawannya. Manfaatkan spot tersebut untuk sejenak bersantai agar terhindar dari stres kerja di startup. Tenangkan diri sejenak dan kembalilah bekerja saat energimu sudah kembali normal.

Beban Kerja di Startup Terus Meningkat, Tapi Jangan Lupa Hargai Diri Sendiri

Terakhir, hargailah dirimu sendiri lebih dari pekerjaanmu. Memang betul pekerjaanmu telah membantu memenuhi semua kebutuhan hidupmu. Namun, sebelum kamu sungguh-sungguh bisa mencintai pekerjaanmu, kamu harus sanggup mencintai dirimu sendiri.

Hargailah tubuhmu saat sudah kelelahan. Lebih pekalah pada kondisi kesehatan mentalmu kalau memang benar-benar frustrasi. Bagaimana pun juga, hanya kamu yang bisa menyelamatkan dirimu sendiri.

Semoga kamu tidak lagi mengalami stres kerja di startup ya. Bekerja di perusahaan rintisan memang punya tantangan tersendiri dan yakinlah kamu pasti bisa melewatinya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here