Dapat Tawaran Promosi Tanpa Kenaikan Gaji, Apa yang Harus Dilakukan?

Setiap karyawan pasti mendambakan promosi. Karena, promosi merupakan salah satu tanda bahwa karier yang dijalani berada di jalur yang benar. Selain itu, promosi umumnya menjadi jalan untuk mendapatkan kenaikan gaji.

Dengan mendapatkan promosi dan kenaikan gaji, seorang karyawan bisa lebih nyaman bekerja. Ia juga merasa yakin dengan masa depannya di perusahaan yang bersangkutan. Karena dengan mendapatkan promosi artinya kepercayaan dan penghargaan yang diberikan oleh perusahaan semakin besar.

Tapi, tidak semua tawaran promosi disertai dengan kenaikan gaji lho. Nah, jika mendapatkan tawaran yang seperti ini, kamu tidak perlu bingung. Yang perlu dilakukan adalah mencari tahu mengapa perusahaan melakukan hal tersebut. Lalu, lakukan beberapa hal ini.

Alasan Perusahaan Tidak Memberikan Kenaikan Gaji

Kamu mungkin kecewa atau bahkan sakit hati karena perusahaan menawarkan promosi tanpa disertai kenaikan gaji. Tapi, di balik itu semua, ada banyak alasan mengapa hal itu dilakukan.

Alasan Finansial

Perusahaan mungkin ingin memberikan kenaikan gaji. Tapi, kondisi keuangan perusahaan sedang tidak memungkinkan untuk melakukannya. Akibatnya, kamu tidak mendapatkan kenaikan gaji meskipun posisi/jabatanmu dinaikkan.

Range Gaji Sudah Tinggi

Setiap perusahaan umumnya memiliki range gaji untuk setiap level posisi/jabatan yang ada. Mungkin saja untuk posisi baru yang diberikan, range gaji yang kamu terima sebenarnya sudah tinggi. Sehingga perusahaan memutuskan untuk tidak memberikan kenaikan.

Posisi Baru, Job Desc Lama

Bagi kamu, posisi/jabatan yang diberikan mungkin baru. Tapi, sebenarnya semua job desc di posisi tersebut sudah ada di posisi yang lama.

Posisi Baru Merupakan Penghargaan

Perusahaan mungkin sudah lama mengakui pengabdian atau prestasimu. Hanya saja, karena alasan tertentu tidak bisa memberikan penghargaan dalam bentuk lain selain posisi/jabatan yang baru. Meskipun itu dilakukan tanpa adanya kenaikan gaji.

Baca Juga: Mengapa Wanita Digaji Lebih Rendah meskipun Punya Potensi yang Besar?

Lakukan Ini Kalau Dipromosikan Tanpa Kenaikan Gaji

Setelah mengetahui alasan mengapa tidak mendapatkan kenaikan gaji meskipun dipromosikan, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal ini.

Jangan Baper

Mungkin kamu merasa kecewa atau marah karena tidak diberikan mendapatkan kenaikan gaji. Hal itu tentunya wajar. Namun, cobalah untuk tidak menumpahkan kemarahan itu pada pihak HRD. Cobalah untuk tetap tenang.

Sebaliknya, pikirkan konsekuensi-konsekuensi yang akan kamu terima. Kamu bisa meminta waktu pada HRD untuk mempertimbangkan tawaran promosi yang diberikan. Selain itu, kamu juga bisa mendiskusikannya dengan keluarga.

Lakukan Riset

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan riset. Ada baiknya kamu mencari tahu berapa sebenarnya range gaji yang selayaknya diberikan untuk posisi yang ditawarkan. Dengan begini, kamu jadi tahu apa yang harus dilakukan.

Jika range gaji terlalu rendah, kamu bisa menyampaikannya pada pihak HRD. Tidak ada salahnya untuk meminta penjelasan lebih jauh mengenai hal ini.

Tentukan Langkah Selanjutnya

Setelah mengetahui range gaji yang sesuai dan mendapatkan penjelasan dari HRD, saatnya kamu menentukan langkah selanjutnya. Di antara beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu,

Menerima Tawaran Promosi dengan Syarat

Mungkin kamu bersedia menerima tawaran promosi tersebut dengan syarat tertentu. Dalam hal ini, kamu bisa meminta HRD untuk menyesuaikan gaji dalam beberapa waktu ke depan. Kamu juga bisa membicarakan batasan waktunya dengan HRD.

Negosiasi

Cobalah untuk mencari tahu kemungkinan lain yang ada. Semisal, kamu bisa menanyakan pada HRD posisi lain yang tersedia untukmu. Tanyakan pula mengenai gaji yang ditawarkan untuk posisi tersebut.

Menerima Tawaran Tanpa Syarat

Kamu juga bisa menerima tawaran promosi yang diberikan tanpa syarat. Dalam hal ini kamu memahami alasan mengapa perusahaan melakukannya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika mendapatkan tawaran promosi tanpa disertai kenaikan gaji. Di sisi lain, jangan pernah berhenti untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja. Tidak hanya untuk mendapatkan gaji yang lebih besar. Lebih dari itu, lakukanlah agar karirmu lebih cerah di masa yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here