Wawancara Kerja Tanpa Persiapan, Apa yang Sebaiknya Kamu Lakukan?

Wawancara kerja merupakan momen penting yang sebaiknya disiapkan sebaik mungkin. Namun, ada kalanya kamu tak bisa menyiapkan diri secara maksimal karena mendapat panggilan mendadak di hari yang sama. Jangan sampai wawancara kerja tanpa persiapan membuat performamu jadi berantakan, ya.

Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan sebelum menjalani proses wawancara kerja tanpa persiapan, yaitu,

Tetap Menyiapkan Penampilan Profesional

Momen wawancara kerja tanpa persiapan bukan berarti boleh membuatmu tampil sembarangan. Kamu harus tetap tampil sopan dan rapi dengan dress code yang dekat dengan budaya perusahaan.

Jangan lupa merapikan baju, membetulkan posisi hijab, menggunakan parfum, dan menata rambut supaya rapi. Penampilan yang rapi akan membuat kamu percaya diri sehingga rasa gugup pun akan berkurang.

Baca Juga: Ini Rahasia Sukses Menghadapi Pewawancara Menyebalkan Saat Interview

Mencari Informasi Perusahaan dalam Waktu Singkat

Sambil menunggu proses wawancara, kamu dapat mengisi waktu dengan mencari informasi tentang perusahaan yang sedang dilamar. Sebenarnya kamu tak perlu menghafalkan semua informasi yang sudah didapat karena hal tersebut malah bisa membuat kewalahan.

Pahami saja poin-poin penting tentang perusahaan tersebut. Maka wawancara kerja tanpa persiapan akan berlangsung mulus karena kamu tidak terlalu buta informasi.

Fokus pada Isi CV dan Kemampuan Diri Sendiri

Menjalani proses wawancara kerja tanpa persiapan tentu menimbulkan perasaan grogi. Namun, bukan berarti kamu boleh pasrah dengan perasaan tersebut. Cobalah fokus pada isi CV dan kemampuan diri sendiri supaya kamu dapat menjelaskan tentang dirimu dengan baik.

Jangan lupa mencari keunggulan diri sendiri yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang sedang dilamar.

Menampilkan Gestur yang Percaya Diri

Jangan lupa menampilkan gestur dan ekspresi yang percaya diri ketika bertemu sang pewawancara kerja. Tersenyum, berjabat tangan dengan erat, dan sikap tubuh yang tegak akan membuatmu tampak profesional dan menarik.

Tak jarang pula gestur dan ekspresi yang tepat menjadi poin plus di mata pewawancara walaupun kamu menjalani wawancara kerja minim persiapan.

Jangan Lupa Mengajukan Pertanyaan

Bertanya dalam sesi wawancara kerja menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang proaktif. Tak perlu khawatir dengan wawancara kerja tanpa persiapan yang membuatmu tidak sempat mencari pertanyaan. Kamu bisa menanyakan hal yang bersifat umum, yaitu “kandidat seperti apa yang sedang dicari perusahaan Bapak/ Ibu?”

Calon karyawan profesional tentu harus siap menghadapi situasi apa pun. Jika berhasil menjalani wawancara kerja dengan persiapan super instan, berarti kamu siap menyelesaikan tantangan lainnya di dunia kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here