Job Insecurity: Jeli Mengatur Keuangan di Tengah Ketidakpastian Ekonomi

Pandemi virus corona menimbulkan kekhawatiran sehingga banyak karyawan yang mengalami job insecurity atau merasa tidak aman dari pekerjaan karena ada kemungkinan terkena PHK. Dampaknya pun tidak jauh dari kondisi ekonomi keluarga karena penghasilan berkurang sedangkan kebutuhan hidup harus terus dipenuhi.

Bila sekarang kamu mengalami job insecurity, kini saatnya untuk kembali menata dan mengatur keuangan dengan lebih ketat. Dan berikut tips yang bisa kamu ikuti.

Hilangkan Pengeluaran Apapun yang Benar-benar Tidak Diperlukan

Jika kamu merasa kekurangan uang, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi bagaiaman kamu membelanjakan uang selama ini. Hal paling berdampak yang kamu lakukan adalah dengan bersikap ‘tegas’ terhadap pengeluaran yang tidak benar-benar diperlukan sekarang ini.

Saat kamu merasakan job insecurity, kamu khawatir akan pemasukan di masa yang akan datang. Oleh karenanya, kamu perlu membuat daftar keinginan dan kebutuhan. Dengan cara ini, kamu akan mampu memilah-milah apa yang harus dibeli dan apa yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dimiliki. Sehingga, kamu masih bisa mendapatkan uang tunai yang diperlukan untuk hal lain.

Setelah memangkas biaya tersebut, periksa juga anggaran inti. Pasalnya, bisa jadi list yang kamu buat masih dapat diulas. Mungkin ada beberapa pengeluaran yang tidak terlalu mendesak. Eliminasi ini tidak akan berlangsung lama. Jadi kamu tidak perlu khawatir. Ini dilakukan karena sekarang kamu mengalami job insecurity.

Baca Juga: Jangan Sampai Jadi Salah Satunya, 4 Tipe Orang Ini akan Sulit Mengatur Keuangan

Prioritaskan Sisa Pengeluaran Saat Mengalami Job Insecurity

Bila kamu tidak menyimpan uang, atau memproyeksikan akan membutuhkan dana darurat dengan cepat, kamu harus mulai memprioritaskan kebutuhan. Pada kondisi seperti ini, makanan dan rumah/kontrakan menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan. Jika kamu khawatir tentang pembayaran KPR karena pandemi, kamu bisa segera menghubungi pemberi pinjaman.

Kamu perlu segera melakukan ini karena ketika mengalami job insecurity dan punya masalah keuangan untuk membayar cicilan, bersikap terus-terang menjadi salah satu jalan keluar yang perlu ditempuh. Lagipula, semua orang juga mengalaminya. Ini adalah kondisi di luar dugaan dan tentu tidak diharapkan oleh setiap orang.

Dan saat berbicara tentang bujet makanan, kamu perlu ketat dalam pengeluaran. Kamu juga perlu membeli apa saja yang akan dikonsumsi sehingga tidak perlu membuang makanan yang pada akhirnya hanya membuang uang.

Setelah selesai dengan prioritas kebutuhan makanan dan untuk rumah, selanjutnya kamu bisa mengatasi tagihan lain. Jika selama ini kamu berlangganan beberapa layanan, ada baiknya berhenti untuk meminimalisir pengeluaran. Saat mengalami job insecurity selama pandemi virus corona, tiap rupiah yang dimiliki akan menjadi sangat berharga.

Lakukan Pembayaran Hutang Minimum Jika Memungkinkan

Ketika job insecurity melanda, kamu masih tetapi perlu menjalankan kewajiban untuk membayar hutang. Jika memang setelah dinegosiasikan tidak ada jalan keluar, mau tidak mau kamu perlu membayar cicilan. Jika kamu mampu membayar minimun pada saldo kartu kredit, lakukan. Jangan ditunda-tunda. Jika memungkinkan, kamu bisa mencari pinjaman pada keluarga.

Ini adalah salah satu cara maksimal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari masalah keuangan yang lebih parah. Jangan sampai kamu harus berurusan dengan hukum yang pada akhirnya membuat kamu tidak bisa konsentrasi di masa ketidakpastian ekonomi selama pandemi virus corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here