Mengenal 4 Tipe Keahlian Karyawan, Mana Nih yang Kamu Banget?

Keahlian karyawan merupakan salah satu kriteria penilaian paling penting dalam proses rekrutmen. Ternyata, tipe keahlian karyawan tersebut dapat dianalogikan dengan bentuk-bentuk sederhana. Kamu wajib memenuhi salah satu dari dua tipe keahlian itu demi menunjang kelancaran karier di dunia kerja.

Apa saja sih klasifikasi tipe keahlian karyawan yang dimaksud? Inilah ulasan selengkapnya!

Dash Shaped (-)

Tipe keahlian karyawan yang satu ini digambarkan dengan tanda strip (-). Bentuk strip yang datar menunjukkan bahwa si karyawan mampu bekerja pada lebih dari satu bidang tetapi tidak memiliki spesifikasi keahlian secara mendalam pada bidang tertentu.

Karyawan dengan tipe ini biasanya sering berpindah kerja di berbagai bidang yang berbeda dan belum menemukan passion di bidang tertentu sehingga tidak memiliki keahlian spesifik yang membuatnya menjadi expert.

Baca Juga: Skill People Management Ini Wajib Dimiliki Para Pemimpin

 I-Shaped (I)

Persis seperti huruf  I yang berbentuk garis lurus, tipe keahlian karyawan ini menggambarkan orang-orang yang hanya memiliki satu keahlian spesifik dan menekuninya secara mendalam.

Orang-orang yang digambarkan dengan I-shaped cenderung tidak berani keluar dari zona nyaman. Tak hanya pilihan karier yang terbatas, kecenderungan tersebut juga dapat membatasi jumlah relasi dan pendapatan yang diperoleh.

T-Shaped (T)

Orang-orang yang bisa digolongkan dalam tipe keahlian karyawan T-shaped memiliki kemampuan kerja di berbagai bidang. Namun, orang tersebut memilih untuk fokus pada satu bidang saja. Pilihan hidup tersebut bisa dipengaruhi oleh passion selama berkecimpung di dunia kerja.

Karyawan dengan tipe keahlian ini biasanya diincar perusahaan karena mampu menangani bidang kerja sekaligus menunjukkan performa terbaik pada bidang kerja utama.

M-Shaped (m)

Coba bayangkan dulu bentuk huruf M. Satu garis horizontal ditopang oleh tiga garis vertikal. Kadang kala M-shaped juga disebut dengan comb shaped karena jumlah garis vertikalnya bisa lebih dari tiga.

Analogi tersebut cocok digunakan untuk menjelaskan karyawan yang dapat bekerja di berbagai bidang sekaligus memiliki spesialisasi pada lebih dari satu bidang. Karyawan tipe ini memang terbilang langka sehingga bisa menjadi aset berharga bagi perusahaan yang mempekerjakannya.

V-Shaped (V)

Orang yang memiliki tipe keahlian karyawan V-shaped bukan hanya bisa bekerja di berbagai bidang dan punya spesialisasi tertentu. Keistimewaan tipe ini adalah kemampuan mengombinasikan keahlian untuk menghasilkan karya baru yang luar biasa. Tak hanya hebat dari segi etos kerja dan skill, orang-orang dengan tipe V-shaped biasanya juga memiliki selera estetik yang luar biasa.

Saat ini, dunia kerja membutuhkan karyawan dengan tipe keahlian T, M, dan V. Jadi, jangan malas meng-upgrade diri sendiri supaya kamu menjadi sosok berharga yang bisa mempertahankan eksistensi di dunia kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here