Mengenal Aplikasi Jenius, Layanan Perbankan Milenial Milik BTPN

Aplikasi Jenius
Source: eirudo

Jenius merupakan layanan mobile perbankan berbasis aplikasi. Layanannya bisa dinikmati jika pengguna aplikasi merupakan nasabah Bank BTPN.

Jenius dirilis oleh Bank Tabungan Pensiunan Negara atau BTPN pada Agustus 2016 lalu. Boleh dibilang, belum pernah ada layanan serupa yang fitur-fiturnya disediakan oleh Jenius. Selama ini layanan sejenis hanya menyediakan fitur-fitur standar seperti misalnya transfer antar rekening dan cek saldo.

Jenius juga menyediakan layanan serupa, hanya saja, BTPN menyertakan keunikan tersendiri pada layanan tersebut sehingga memberikan kemudahan bagi nasabahnya.

Dengan Jenius, Buka Rekening Tidak Perlu ke Bank

Keunikan Jenius sudah ditemukan nasabah saat ingin membuka rekening. Untuk membuka rekening di BTPN nasabah tidak perlu lagi harus ke bank. Cukup install aplikasinya di GooglePlay Store atau AppStore, kirim foto KTP, NPWP dan foto tanda tangan. Selain itu, nasabah diminta mengirimkan foto selfie bersama KTP –nya.

Dengan Jenius, Buka Rekening Tidak Perlu ke Bank
Foto: ariyolo

Kemudahan berikutnya yang diberikan adalah kemudahan melakukan transfer. Seringkali, jika ingin melakukan transfer dana, kita perlu mengetahui nomor rekening penerima dana. Selain tidak mudah dihafal, nomor rekening seseorang juga jarang tercantum di daftar nomor telepon yang ada di gadget kita.

Untuk memudahkan nasabahnya mentrasfer dana, BTPN menyediakan fitur $CashTag di aplikasi Jenius. Dengan $CashTag, pemberi transfer hanya perlu mengetahui nama dari pemilik rekening. Semisal, jika nama penerima transfer di daftar kontak telepon adalah Kusuma. Maka yang perlu diketikkan di aplikasi adalah $kusuma, tanpa perlu lagi meng-input nomor rekeningnya.

Aplikasi yang warna latarnya didominasi warna biru dan putih ini juga memiliki fitur bernama Moneymoji. Dengan fitur ini seseorang bisa mengirimkan dana dengan menyertakan emoji atau animasi yang sesuai. Semisal, jika ingin mengirimkan dana THR, maka animasi yang dipilih adalah animasi ‘Selamat Berlebaran’.

Baca Juga: Punya Fitur AR Emoji, Luna X-Prime juga Dibekali Fitur Wireless Charging

Foto: sigitrenastama

Fitur lain yang juga jarang ditemukan di layanan perbankan lain adalah Split Bill. Dengan fitur ini, pembayaran tagihan bisa dilakukan secara patungan oleh lebih dari satu orang nasabah. Selain ketiga fitur tersebut terdapat pula beberapa fitur lainnya seperti Pay Me, Send It dan Pay Bill.

BTPN juga menyediakan layanan lain untuk mendukung penggunaan Jenius-nya. Salah satunya adalah penyediaan layanan kartu yang kekinian. Seperti yang diketahui, saat ini transaksi online semakin dipercaya oleh masyarakat. Untuk itu BTPN menyediakan kartu e-card. Kartu ini merupakan kartu virtual yang bisa menggantikan fungsi verifikasi yang dimiliki oleh credit card. Selain itu, ada juga kartu m-card dan x-card. Fungsi keduanya hampir sama, yakni sebagai kartu debit.

Semenjak awal peluncurannya sampai pertengahan tahun ini, Jenius sudah digunakan oleh lebih dari 700.000 pengguna. Sebagian besar pengguna adalah nasabah Bank BTPN yang ada di kota Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Beri komentar Anda tentang artikel ini