Mengenal Fitur Google Go, Aplikasi Versi Ringannya Google App

Mengenal Fitur Google Go, Aplikasi Versi Ringannya Google App
Source: teknologi

Google Go yang merupakan versi ringan dari aplikasi Google sekarang sudah bisa digunakan di Indonesia. Simak beberapa fitur Google Go berikut ini.

Microsoft dikabarkan akan merilis mesin perambah tandingan Google Chrome. Kabarnya mesin perambah tersebut dikembangkan untuk menggantikan Edge. Di sisi lain, Google tengah merangkul pemakai gadget entry-level yang memiliki akses internet terbatas dengan menyediakan mesin pencari Google Go.

Google sebenarnya sudah merilis Google Go semenjak akhir tahun lalu. Namun aplikasi yang juga menjadi bagian dari sistem operasi Android Go itu baru bisa dinikmati di Indonesia pada akhir tahun ini.

Fitur-Fitur Google Go

Sebelumnya, Google telah merilis varian ‘lite’ dari beberapa aplikasinya. Salah satunya adalah YouTube Go, yang merupakan versi ringan dari YouTube. Khusus Google Go, aplikasi ini hanya membutuhkan memori perangkat sebesar 5 MB. Dengan demikian pengguna gadget dengan memori terbatas bisa mengoperasikannya dengan cepat.

Google Go juga diklaim menghemat penggunaan kuota hingga 40%. Selain itu aplikasi ini bisa digunakan di jaringan 2G. Dengan begitu siapapun tetap bisa menggunakannya meski berada di lokasi yang akses internetnya terbatas. Berikut ini beberapa fitur dari Google Go.

Trending Topic dan Hasil Pencarian

Untuk Google Go nya, Google lebih mengutamakan hasil pencarian dan topik yang sedang trending. Ini berbeda dengan Google App yang hasil pencariannya hampir selalu berdasarkan kebiasaan pemakaian dari penggunanya (personal feeds).

Fitur-Fitur Google Go
Foto: guidingtech

Antarmuka Google Go juga sedikit berbeda dengan Google dimana kolom pengetikkan pencarian berada di bagian bawah. Google akan menyajikan peringkat trending topic dibagian atas kolom pencarian tersebut tanpa harus mengetikkan kata. Caranya adalah dengan men-tap kolom pencarian.

Share Hasil Pencarian

Seluruh hasil pencarian di Google Go dapat langsung di share dengan men-tap ikon share yang berada diatas kolom pencarian.

Custom Background

Foto: guidingtech

Pengguna Google Go dapat mengkustom background aplikasi tersebut dengan pilihan background theme yang disediakan. Fitur ini sebelumnya tidak dimiliki Google App. Selain itu perdapat pula pilihan bahasa yang bisa dirubah di menu setting. Fitur ini juga tidak ditemukan di Google App. Sebelumnya untuk pilihan bahasa, Google mengacu pada pilihan bahasa pada perangkat yang digunakan.

Akses ke Website

Lewat home screen Google Go, pengguna sudah langsung dapat mengakses berbagai website. Website-website tersebut dibagi dalam berbagai kategori seperti sports, finance dan health. Selain itu pengguna juga langsung dapat mengakses akun sosial media tanpa perlu meninggalkan Google Go, karena aplikasi ini juga menyediakan ikon shortcut ke akun sosial media, selama aplikasinya sudah terinstal di perangkat.

Beri komentar Anda tentang artikel ini