Kenali 7 Jenis Vegetarian Sebelum Memulai Hidup Sehatmu, Simak Ya!

Vegetarian dikenal sebagai orang yang hanya mengonsumsi buah dan sayuran untuk alasan menjaga kesehatan. Gaya hidup sehat ini mulai banyak diikuti, terutama anak muda.

Menerapkan gaya hidup sehat, terutama dalam hal makanan, terbukti dapat menjauhkan diri dari ancaman berbagai macam penyakit. Namun, tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa jenis vegetarian yang memiliki dorongan berbeda dalam menjalani hidup sehat?

Sebelum kamu memulai gaya hidup sehat, periksa dulu yuk beberapa jenis vegetarian berikut. Mana nih yang kira-kira sesuai dengan kamu?

Vegan yang Memiliki Risiko Rendah Mengidap Penyakit Kanker dan Jantung

Pernahkah kamu melihat vegan yang tidak mengonsumsi segala macam bentuk produk hewani? Gaya hidup vegan biasanya tidak akan mengonsumsi segala jenis daging, produk susu, hingga makanan yang mengandung bahan hewani.

Jenis vegetarian ini membantu orang terhindar dari risiko penyakit kanker dan jantung. Kira-kira kamu siap untuk menjadi vegan?

Ovo Vegetarian Menjadi Jenis Vegetarian yang Menyelamatkan Binatang dan Lingkungan

Sedikit berbeda dengan vegan, ovo vegetarian tidak mengonsumsi daging merah, daging putih, ikan, ayam, unggas, burung, dan produk susu. Hanya saja, ovo vegetarian masih diperbolehkan mengonsumsi produk telur.

Karena tidak mengonsumsi produk hewani, gaya hidup para ovo vegetarian ini turut menyelamatkan binatang dan lingkungan. Tidak heran jika banyak pecinta alam dan binatang yang menerapkan ovo vegetarian ini.

Lacto Vegetarian yang Masih Bisa Mengonsumsi Produk Susu

Jika ovo vegetarian masih bisa mengonsumsi telur, maka lacto vegetarian diperbolehkan mengonsumsi susu dan tumbuhan. Produk susu yang dikonsumsi antara lain keju, susu sapi, dan yoghurt.

Meski begitu, jenis vegetarian ini tetap tidak boleh mengonsumsi daging binatang. Nah, apakah kamu tertarik menjadi lacto vegetarian?

Jenis Vegetarian Paling Umum, Lacto-Ovo Vegetarian

Nah, kalau vegetarian yang ini paling sering dijumpai. Lacto-ovo vegetarian menerapkan pola hidup tanpa makan daging, ikan, unggas, ayam, dan burung. Namun, masih berkesempatan mengonsumsi produk susu dan telur.

Biasanya vegetarian yang masih baru lazim mengikuti lacto-ovo vegetarian ini. Gaya hidup sehat para lacto-ovo vegetarian terbilang cukup mudah untuk dilakukan.

Pescatarian yang Boleh Mengonsumsi Makanan Laut

Jenis vegetarian ini memang tidak mengonsumsi segala bentuk daging, tetapi masih diperkenankan memakan makanan laut. Hanya saja, ada risiko yang mungkin akan muncul dari pescatarian karena terlalu banyak mengonsumsi ikan dapat menyebabkan banyaknya merkuri dan polutan yang masuk ke dalam tubuh.

Meski masih menjadi banyak perdebatan, jumlah para pescatarian di dunia sudah cukup banyak juga.

Pollotarian Bisa Mengonsumsi Unggas

Hampir mirip dengan pescatarian, para pollotarian diperkenankan untuk mengonsumsi unggas dan burung. Dibandingkan dengan memakan daging, risiko berbagai penyakit jauh lebih rendah ditemukan pada para pollotarian ini.

Hanya saja, gaya hidup jenis vegetarian ini juga masih diperdebatkan karena banyak unggas dan burung yang harus mati untuk memenuhi kebutuhan para pollotarian.

Flexitarian Menjadi Jenis Vegetarian Terbaru

Belakangan ini muncul pula flexitarian yang memilih hanya sesekali makan daging dengan lebih banyak mengonsumsi tumbuhan. Memang belum ada jumlah atau kadar konsumsi daging yang diperbolehkan. Pada dasarnya para flexitarian ini sangat jarang mengonsumsi daging dalam menu makanannya. Wah, bisa kamu coba nih!

Kira-kira jenis vegetarian mana yang paling cocok denganmu? Pastikan kamu persiapkan diri dulu ya sebelum memutuskan untuk memulai hidup sehat. Yang paling penting adalah senantiasa menjaga makananmu tetap sehat dan dalam porsi yang cukup. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here