Karakter Negatif Teman Kantor yang Harus Diwaspadai Biar Nggak Stres

Ada beberapa perilaku dan karakter negatif teman kantor yang bisa membuat orang lain stres. Tentu saja, kultur perusahaan yang ramah dan lingkungan kerja yang produktif menjadi satu kondisi yang membuat semua orang bisa bekerja maksimal.

Namun, kurangnya komunikasi pun bisa membuat kondisi semakin tak terkendali. Agar hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa karakter negatif teman di kantor yang perlu diketahui. Dan berikut adalah beberapa di antaranya.

Tackler

Karakter negatif teman kantor ini adalah seseorang yang menyerang kamu secara personal saat berdebat tentang berbagai masalah. Orang seperti ini sangat bertekad untuk mencetak poin positif untuk posisi tertentu sehingga akan mengganggu kamu. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Jangan berhenti menyarankan ide-ide hebat hanya karena kamu memiliki rekan kerja seperti itu. Cobalah untuk bicara dengannya secara pribadi. Katakanlah bahwa kamu ingin hubungan profesional yang sehat dan tanyakan padanya bagaimana untuk mengatasi perbedaan.

Bila cara ini tidak berhasil, kamu dapat menghadapi karakter negatif teman kantor ini dengan lebih banyak berteman dengan orang lain dan konsentrasi hanya pada pekerjaan.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Hubungan Kerja Positif untuk Tingkatkan Kinerja

Rekan “Si Iri Hati”

Orang-orang seperti ini ingin memiliki apa yang kamu miliki. Bahkan, ucapan selamat yang ia berikan terasa tidak tulus atau justru malah terkesan bermusuhan. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika harus mengatasi karakter negatif teman kantor seperti ini? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi komunikasi dan lakukan saja pekerjaanmu.

Bila rekan kerja yang iri ini mulai menyerang secara personal, sebaiknya kamu membimbing percakapan kembali pada masalah yang ada dengan menghilangkan emosi saat bercakap-cakap. Namun, jika situasinya tidak berubah, tinggalkan saja. Seringkali, orang yang punya karakter seperti ini tidak merasa aman dengan pekerjaannya sendiri sehingga berlaku negatif di kantor.

Rekan yang Suka Mengintimidasi

Menghadapi karakter negatif teman di kantor yang punya sikap seperti ini memang melelahkan. Rekan yang suka mengintimidasi ingin kamu melakukan apa yang ia inginkan dengan menyiratkan bahwa ia dapat memperlakukan kamu atau membahayakan karier Anda.

Untuk mengatasi orang seperti ini, kamu perlu membela diri tanpa harus terdengar nada marah. Lebih jauh lagi, kamu dapat merekam interaksi dengannya karena bisa jadi itu akan bermanfaat ketika kamu harus berdiskusi dengan supervisor atau HR.

Ia yang Suka Meniru

Bisa jadi kamu terbiasa membantu rekan kerja di kantor dengan proyek yang sulit sehingga hal ini akan membuatnya selalu minta bantuan. Kabar buruknya adalah karakter negatif teman kantor ini tanpa sadar telah ‘mencuri’ waktu kamu, begitu juga dengan bakat dan sikap baik kamu. Orang seperti ini dianggap egois dan tidak memedulikan orang lain.

Solusi mudah yang bisa kamu lakukan ketika harus berhadapan dengan karakter negatif teman kantor seperti ini adalah dengan mengatakan bahwa kamu tidak akan membantu pekerjaannya lagi dan sarankan padanya untuk minta bantuan pada supervisor atau rekan kerja yang lain.

Biarpun begitu, kamu perlu menyampaikan dengan sopan sambil memberi solusi pada siapa lagi dia bisa minta bantuan. Dengan begitu, ia pun tidak akan tersinggung, atau justru akan membuatnya berpikir untuk lebih mandiri saat harus mengerjakan tugas kantor, dan bukannya mengandalkan ide dan saran dari rekan kerja yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here