Kemampuan Dasar Programer Wajib untuk Sukses Jadi Programer

Digunakannya internet dan teknologi modern oleh banyak perusahaan membuat profesi programer semakin banyak dicari. Kalau ingin jadi programer, ada baiknya kamu mengetahui kemampuan dasar apa yang dibutuhkan untuk bisa menjadi programer yang sukes.

Programer dibutuhkan untuk membuat aplikasi atau software yang memudahkan perusahaan menjalankan tugasnya. Aplikasi atau software ini juga dapat digunakan oleh konsumen pengguna produk atau jasa.

Untuk bisa membuat aplikasi atau software tentu diperlukan kemampuan dasar tertentu. Berikut ini di antaranya,

Menguasai Bahasa Pemrograman

Untuk membuat program, software ataupun berbagai aplikasi, programmer harus menggunakan bahasa pemrograman. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan. Namun ada beberapa bahasa pemrograman yang paling dikenal. Salah satunya adalah JavaScript, yang merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sudah lama digunakan.

Bagi kamu yang sudah menguasai HTML, kamu akan lebih mudah mempelajari JavaScript. Selain JavaScript, ada juga beberapa bahasa pemrograman lainnya. Yaitu, SQL, Java, Phyton dan C++.

Baca Juga: Ingin Sukses Interview di Bidang Database Programmer? Ikuti Tips Ini

Kemampuan Berbahasa Inggris

Keahlian dasar lain yang juga harus dimiliki kalau ingin jadi programmer adalah bahasa Inggris. Keahlian ini diperlukan karena bahasa Inggris merupakan basis dari bahasa pemrograman. Selain itu, dalam memelajari banyak hal yang berkaitan dengan programming, bahasa Inggris diperlukan untuk mencari referensi, membaca dokumentasi, atau bertanya di forum global.

Manfaat lain dari mampu berbahasa Inggris, kamu jadi lebih mudah berkomunikasi dengan klien, atasan ataupun rekan kerja yang bukan warga negara Indonesia.

Kemampuan Membaca Source Code atau Kode Program

Source code atau kode program merupakan rangkaian teks yang ditulis dalam bahasa pemrograman. Umumnya kode-kode ini disimpan dalam berkas teks. Kalau bahasa pemrograman sulit dimengerti oleh orang awam, source code merupakan teks yang bisa dibaca.

Meski demikian, dibutuhkan keahlian untuk membacanya. Karena diperlukan kemampuan logika khusus untuk memahaminya. Apalagi jika kamu harus bekerja secara tim, membuat syntax code atau mengedit code itu sendiri. Kalau memiliki keahlian membaca source code, kamu akan lebih mudah menjadi programer handal.

Debugging: Kemampuan Dasar Programer untuk Memperbaiki Error

Dalam sebuah source code bisa saja terdapat kesalahan. Untuk itu diperlukan kemampuan mengidentifikasi kesalahan dalam source code dan memperbaikinya. Kemampuan ini disebut debugging. Proses debugging meliputi: memahami maksud pesan error, mencari dimana letak error nya, serta menganalisa dan memperbaikinya.

Semakin banyak error yang bisa didapatkan dan diperbaiki, maka semakin baik kemampuan debugging yang kamu miliki.

Selain beberapa kemampuan dasar diatas , kamu juga harus memiliki softskill yang bisa membuatmu menjadi programer sukses. Di antaranya, punya rasa ingin tahu yang besar, mau belajar dari orang lain, dan tidak kehilangan semangat jika harus belajar sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here