Sering Melewatkan Sarapan Pagi? Rugi Lho, Ini Manfaat Sarapan Pagi

Karena terlalu sibuk, rutinitas harian bisa menjadi berantakan termasuk melewatkan hal-hal dasar yang dibutuhkan misalnya sarapan pagi. Sering melewatkan sarapan pagi menjadi fenomena yang sudah tak asing lagi bagi mereka yang memiliki aktivitas di pagi hari. Padahal, manfaat sarapan pagi bagi banyak banget untuk kesehatan tubuh.

Yuk, cek dulu manfaat penting sarapan pagi agar kamu bisa mengubah kebiasaan di pagi hari.

Mencegah Kegemukan

Beberapa orang yang sedang dalam masa diet, biasanya ada yang memilih untuk tidak sarapan pagi. Hal ini dilakukan karena mereka khawatir menu sarapan tersebut akan menyebabkan peningkatan berat badan.

Namun beberapa penelitian membuktikan manfaat sarapan pagi bisa membantu untuk menjaga berat tubuh lho. Menu sarapan yang yang seimbang dan penuh nutrisi akan menurunkan keinginan makan yang berlebih ketika siang dan sore hari.

Meningkatkan Metabolisme

Saat tidur di malam hari, metabolisme tubuh menjadi lebih lambat dari biasanya. Sebaliknya saat bangun, tubuh memerlukan metabolisme yang lebih cepat. Membiasakan diri untuk sarapan pagi adalah cara terbaik untuk mulai menstimulasi metabolisme dan kunci untuk tetap bersemangat sepanjang hari.

Mempertahankan metabolisme yang sehat juga menjadi sangat penting dalam metode untuk menurunkan berat badan. Nah, gimana, kamu mulai tertarik untuk rutin sarapan pagi kan?

Baca Juga: Enak Sih, Tapi 5 Makanan Ini Termasuk Sarapan yang Tidak Sehat Lho

Mengurangi Risiko Gangguan Kesehatan

Sering melewatkan sarapan pagi ternyata bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan. Sebaliknya jika kamu membiasakan diri untuk selalu sarapan maka manfaat jangka panjangnya bisa menurunkan risiko gangguan kesehatan.

Sebuah penelitian menunjukkan jika resistensi insulin dan tingkat obesitas akan lebih rendah 35 hingga 50 persen dari orang-orang yang melewatkan sarapan mereka. Hal ini berlaku ketika menu sarapanmu adalah makanan sehat dan tinggi nutrisi sehingga kebutuhan gizi tubuh terpenuhi dan menjauhkan dari gejala penyakit jangka panjang.

Menghindari Makan Berlebihan

Orang yang biasanya melewatkan sarapan adalah 50 persen lebih mungkin untuk menjadi kelebihan berat badan. Melewatkan sarapan menyebabkan tubuh tetap dalam mode kelaparan.

Nah, hasrat lapar bisa menggiring kamu untuk makan berlebihan tanpa memikirkan lagi tentang kalori dan jenis makanan yang harusnya dihindari.

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Saat bangun di pagi hari, tubuh masih dalam mode tidur atau belum sepenuhnya siap untuk beraktivitas. Jika kamu melewatkan sarapan maka tangki energi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak bisa digunakan.

Ini menyebabkan tubuh dan otak akan bekerja lebih keras dan menciptakan hormon stres yang menjadi alasan mengapa kamu menjadi mudah lelah juga sulit berkonsentrasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here