Mengenal Rekening Koran dan Manfaatnya untuk Urusan Finansial

rekening koran
Sumber : Jurnal

Apakah Anda pernah mendengar istilah “rekening koran”?

Istilah tersebut memang tak asing bagi sebagian besar orang. Terutama bila Anda adalah seorang pebisnis atau karyawan. Kini, Anda memang bisa mengecek mutasi rekening dari mobile banking, internet banking, atau ATM. Namun, lampiran transaksi secara lengkap tetap dibutuhkan untuk urusan finansial tertentu.

Itulah sebabnya sesekali Anda tetap butuh rekening koran sebagai salah satu lampiran wajib untuk transaksi penting.

Yuk, Cari Tahu Dulu tentang Definisinya!

Sumber : Ekonomi Kompas

Rekening koran dapat didefinisikan sebagai ringkasan seluruh transaksi keuangan yang berkaitan dengan bank. Biasanya ringkasan tersebut memuat informasi tentang alur debit, kredit, serta transaksi lainnya yang berhubungan dengan pihak lain.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Penting Memiliki Beberapa Rekening Tabungan

Cara Mengurusnya Tidak Sulit

Sumber : Surat Kabar

Proses mengurus rekening koran ternyata sangat praktis. Anda hanya perlu singgah ke kantor cabang bank terdekat dengan membawa beberapa persyaratan berikut ini:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu ATM
  • Buku rekening
  • Biaya cetak (nominalnya bervariasi, mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 25.000 per lembar)

Berbagai Urusan Penting yang Membutuhkan Rekening Koran

Sumber : MZV

Biasanya beberapa urusan berikut ini membutuhkan rekening koran sebagai salah satu syarat lampiran wajib:

Proses Audit Perusahaan

Selain untuk keperluan pribadi, perusahaan juga memiliki rekening bank khusus. Ketika perusahaan tersebut akan diaudit, ringkasan transaksi bank sangat dibutuhkan sebagai salah satu materi audit. Pencetakan ringkasan transaksi harus memuat informasi dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan ketentuan audit.

Pembuatan Visa

Kesanggupan untuk bepergian ke luar negeri sering dinilai dari jumlah saldo dan transaksi yang pernah dilakukan. Jadi, tak mengherankan jika lampiran koran wajib disertakan ketika melakukan permohonan visa. Selain ringkasan transaksi tersebut, biasanya Anda juga wajib melampirkan slip gaji, bukti tunjangan pensiun, atau berkas-berkas keuangan pribadi lainnya.

Syarat untuk Mengikuti Lelang

Jika Anda ingin mengikuti suatu acara lelang, Anda juga harus menyiapkan syarat yang ditentukan pihak lelang. Salah satunya adalah rekening koran yang menunjukkan kepemilikan dana pribadi. Transaksi dan jumlah saldo yang tertera pada ringkasan tersebut akan menjadi dasar untuk menentukan kesanggupan mengikuti lelang.

Mengajukan Pinjaman

Selain untuk urusan lelang, pengajuan kredit atau pinjaman juga membutuhkan ringkasan transaksi. Ketika Anda akan mengajukan kredit rumah, kendaraan bermotor, atau tanpa agunan, Anda wajib mencetak rekening koran. Pihak bank atau perusahaan pemberi kredit membutuhkan informasi transaksi di rekening Anda selama tiga sampai enam bulan terakhir. Hal tersebut menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk menyetujui pengajuan kredit.

Ulasan seputar rekening koran ini pasti menambah wawasan Anda tentang dunia perbankan. Nanti, Anda pun tak akan kesulitan mengurusnya ketika membutuhkan ringkasan transaksi secara detail.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here