Mengenal Samsung Gear S3, Smartwatch Terbaru Dari Samsung

Mengenal Samsung Gear S3, Smartwatch Terbaru Dari Samsung
Sumber: megebyte

Perangkat smartwatch terbaru dari Samsung yakni Samsung Gear S3 telah diperkenalkan di ajang IFA 2016 lalu. Samsung memberikan dua sentuhan desain buat S3 nya yakni Classic dan Frontier.

Belum lama ini Samsung Indonesia telah memboyong Samsung Gear S3 untuk dipasarkan di tanah air. Dari sisi desain S3 tak terlalu jauh berbeda dengan pendahulunya. Demikian juga dengan keberadaan bezel di S2 yang selama ini menjadi salah satu daya tarik perangkat tersebut. Meski demikian, S3 memiliki ketebalan, berat dan layar yang lebih besar dibandingkan pendahulunya (tebal 12.9 mm, berat 57 gram).

Samsung Gear S3 memiliki 2 pilihan desain yakni Classic dan Frontier. Keduanya dilengkapi oleh bezel yang berfungsi memutus dan menerima panggilan telepon. Selain itu bezel pada S3 juga bisa digunakan untuk memfungsikan beberapa aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga. Sebagai misal untuk mengecek Thermostat pengguna lewat aplikasi Nest.

S3 Classic memiliki body bermaterial stainless steel dengan bezel logam dan strap kulit. Samsung juga memberikan dua tombol bulat di bagian kanan body jam untuk mengakses beberapa fungsinya. Lewat tampilan yang dimilikinya, S3 Classic terlihat lebih cocok digunakan di dalam ruangan ataupun di event – event resmi.

Sebaliknya, S3 Frontier memiliki tampilan yang lebih garang, membuatnya lebih cocok digunakan saat menjalankan aktifitas di luar ruangan. Frontier juga memiliki warna yang lebih gelap dengan strap berbahan karet untuk kenyamanan pemakainya. Selain layar touchscreen dan bezel, fitur pada Frontier bisa diakses lewat dua buah tombol yang berbeda bentuknya dari yang ada pada S3 Classic.

Di sisi tampilan display kedua perangkat smartwatch tersebut dibekali oleh 15 pilihan tampilan Always On Display dari Samsung dan beberapa tambahan tampilan display lain yang didesain oleh desainer Arik Levy. Beragam pilihan tampilan display tersebut bisa disaksikan lewat layar touchscreen 1.3 inch dengan resolusi 360 x 360 piksel milik Gear S3. Untuk daya tahan, layar S3 dilapisi pula oleh Corning’s Gorilla Glass SR+.

Spesifikasi Smartwatch Terbaru Samsung

Spesifikasi Smartwatch Terbaru Samsung
Sumber: thenextweb

Seperti pada S2, Samsung Gear S3 masih menggunakan OS milik Samsung yakni Tizen versi 2.3.2. Performanya didukung oleh keberadaan prosesor 1 GHz dan RAM sebesar 758 MB. Kapasitas RAM ini 50 % lebih besar dari yang dimiliki oleh Gear S2.

Selain memperbesar RAM, Samsung juga memperbesar kapasitas baterai dari 250 mAH pada S2 menjadi 380 mAH pada S3. Samsung mengklaim S3 dapat bertahan 3 hingga 4 hari sebelum baterainya harus kembali diisi ulang.

Untuk konektifitas, Samsung membekali S3 Classic nya dengan Bluetooth dan Wi-fi. Sedangkan S3 Frontier memiliki konektifitas Bluetooth dan LTE. Khusus pada S3 Frontier, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi NumberSync. Fitur ini menjadikan S3 Frontier mampu menerima telepon dan mengirim SMS lewat nomor yang sama dengan yang terdapat pada smartphone.

S3 Classic dan S3 Frontier memiliki fitur anti air dan debu karena perangkat tersebut telah bersertifikasi IP68. Samsung juga mengklaim keduanya memiliki ketahanan di suhu udara dan guncangan yang ekstrim.

Baik S3 Classic dan S3 Frontier sudah bisa dimiliki semenjak awal bulan lalu. Samsung Indonesia membandrol kedua perangkat tersebut dengan harga yang sama yakni sekitar 5 jutaan.