Mengenal Seluk Beluk Wagyu Beef yang Super Lezat

wagyu beef
Sumber : Frontier Reserve

Beberapa tahun belakangan ini, wagyu beef menjadi salah satu bahan makanan yang populer di dunia, termasuk Indonesia. Jenis sapi ini memang berbeda jika dibandingkan dengan sapi-sapi lainnya. Tak mengherankan jika cita rasanya istimewa dan harganya tergolong mahal.

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan wagyu beef?

Daging Sapi Istimewa Asal Jepang

Sumber : Savor Japan

Secara harfiah, wagyu berasal dari kata “wa” yang artinya Jepang dan “gyu” yang artinya ternak. Awalnya, sapi wagyu memang hanya dikembangbiakkan di Jepang. Namun kini, Amerika Serikat dan Australia juga gencar mengimpor sapi wagyu untuk melakukan proses ternak sendiri. Meskipun disilangkan dengan jenis sapi asal negara lain, daging yang dihasilkan tetap berstatus wagyu.

Baca Juga: Nyum! 5 Olahan Daging Sapi Ini Sukses Buat Banyak Orang Tergoda Akan Kelezatannya

Proses Perawatan yang Intensif

Sumber : Wikipedia

Tak seperti sapi-sapi pada umumnya, sapi penghasil wagyu beef diperlakukan secara spesial. Biasanya sapi tersebut akan ditempatkan di padang rumput luas yang sejuk. Pakannya terdiri dari rumput hijau segar, sayuran, dan buah-buahan. Bahkan, ada pula yang sengaja memutar musik dan memberikan pijatan agar sapi-sapi wagyu lebih rileks dan bahagia. Perlakuan tersebut dapat menghasilkan wagyu beef kualitas luar biasa dengan harga yang sangat tinggi.

Apa Saja Keistimewaan Wagyu Beef?

Sumber : Fine Dining Lovers

Salah satu ciri khas wagyu yang sangat menonjol adalah adanya marbling (tekstur lemak menyerupai jaring) pada seluruh bagiannya. Marbling tersebut berasal dari biji-bijian yang dikonsumsi sapi semasa hidup. Bahkan, kuantitas marbling dijadikan salah satu skala pengukuran kualitas wagyu yang dikenal dengan sebutan Beef Marbling System (BMS). Semakin banyak jumlah marbling pada wagyu, maka semakin baik pula kualitasnya.

Ketika dimasak, marbling akan meleleh dan menimbulkan sensasi gurih. Itulah sebabnya wagyu berkualitas tinggi sebaiknya diolah menjadi steak atau dipanggang agar bisa lekas disantap selagi hangat.

Aneka Jenis Olahan Wagyu

Sumber : Shun-Gate

Selain diolah menjadi steak, kini banyak bisnis kuliner yang mencoba mengolah wagyu menjadi aneka sajian lainnya. Misalnya, Cita Rasa Prima (CRP) Group yang menyediakan aneka olahan bakso berbahan wagyu. Dengan demikian, kelezatan wagyu beef dapat dinikmati tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Varian olahannya pun cukup beragam dan bisa dipilih sesuai selera.

Jangan ngaku pecinta olahan daging sapi kalau belum pernah menyantap wagyu beef. Kenikmatan yang bisa Anda rasakan tentu sebanding dengan harganya.

Beri komentar Anda tentang artikel ini