Tanda Karyawan akan Resign, HRD Wajib Tahu Lho

Salah satu tugas HRD yaitu melakukan pembinaan dan mengetahui kompetensi yang dimiliki karyawan. Terkait dengan hal ini, ada baiknya HRD mengetahui beberapa tanda karyawan akan resign.

Mengapa HRD perlu mengetahui tanda-tanda karyawan akan resign? Dengan mengetahuinya sedini mungkin, HRD bisa melakukan pembinaan atau evaluasi sehingga karyawan bisa mengurungkan niatnya untuk resign dan kembali bekerja dengan baik.

Selain itu, dengan mengetahui tanda-tanda ini HRD juga bisa memetakan situasi kerja sehingga mudah melakukan penyesuaian demi meningkatkan kenyamanan bekerja. Berikut ini beberapa tanda karyawan akan resign.

Sering Absen di Acara Kantor

Salah satu tanda karyawan akan resign yaitu ia menghentikan aktivitas sosialnya. Terutama di acara atau kegiatan kantor. Padahal sebelumnya ia sering terlihat di acara-acara yang sama.

Lebih dari itu, HRD juga harus memerhatikan karyawan yang sering minta izin untuk tidak bekerja. Apalagi kalau izin yang diminta adalah untuk keperluan yang tidak terlalu penting. HRD juga harus lebih memerhatikan jika karyawan yang minta izin tidak pernah melakukan hal ini sebelumnya.

Selain itu, jika karyawan tidak masuk ke kantor tanpa alasan yang jelas, hal ini juga bisa merupakan pertanda ia akan resign.

Tidak Mengikuti Program Pelatihan dan Promosi Karyawan

Karyawan yang mengutamakan kariernya akan antusias jika perusahaan mengadakan program pelatihan kerja. Semisal, workshop atau seminar. Dengan mengikutinya ia akan bisa mengembangkan skill dan kemampuan yang berguna bagi pengembangan karier.

Namun, jika karyawan tidak tertarik untuk mengikuti program pelatihan, ini bisa merupakan tanda ia akan resign. Apalagi jika karyawan tersebut seringkali melakukan hal ini.

Selain itu, jika karyawan menolak untuk dipromosikan, HRD juga harus mewaspadainya. Pasalnya karyawan yang menolak untuk dipromosikan sangat mungkin berencana untuk resign.

Baca Juga: Benar Nggak Sih, Milenial Gampang Resign dari Perusahaan?

Penurunan Kinerja Merupakan Tanda Karyawan Akan Resign

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kinerja karyawan menurun. Salah satunya merasa tidak menjadi bagian dari perusahaan. Akibatnya, karyawan tidak lagi peduli pada kualitas hasil pekerjaan. Ide dan feedback juga tidak lagi pernah disampaikan. Hal ini bisa terjadi karena karyawan tidak mendapatkan penghargaan atau pengakuan.

Selain itu, ketidaknyamanan dalam bekerja juga bisa menjadi penyebab menurunnya kinerja dan produktivitas. Hal ini tentunya berujung pada keinginan untuk resign.

Perubahan Perilaku dan Bahasa Tubuh

Salah satu tanda karyawan akan resign juga bisa dilihat dari adanya perubahan perilaku. Kalau kamu mendapati karyawan yang semula bersikap biasa-biasa saja, lalu tiba-tiba sering mengomentari rekan kerjanya, maka hal ini harus dicermati. Demikian pula jika ia sering memberikan komentar terkait perusahaan. Terlebih jika komentar-komentar yang diberikannya merupakan komentar negatif.

Selain itu, perubahan pada diri karyawan juga bisa terlihat dari sikap dan bahasa tubuh. Jika kamu mendapati karyawan yang terlihat tidak lagi termotivasi, tidak semangat dalam bekerja atau bersikap masa bodoh pada pekerjaan, maka karyawan tersebut kemungkinan akan memutuskan untuk resign.

Meskipun demikian, hal-hal di atas hanyalah merupakan tanda bahwa karyawan akan memutuskan untuk resign. Untuk lebih pastinya, kamu harus menanyakannya pada yang bersangkutan. Pasalnya, kebiasaan, suasana hati dan latar belakang setiap karyawan tentunya berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here