Mengenal Teknik Behavioral Interview yang Belakangan Dipakai Para HRD

Teknik behavioral interview mulai sering dipakai Human Resource Department (HRD) untuk mencari kandidat terbaik dalam proses rekrutmen. Teknik wawancara ini memang cukup berbeda dari wawancara kebanyakan. HRD biasanya menggunakan teknik ini untuk menggali lebih dalam mengenai pelamar kerja lewat pengalamannya.

Lalu, seperti apa sih gambaran dari teknik behavioral interview ini? Kalau kamu ingin tahu cara HRD menemukan kandidat terbaik, simak ulasan singkatnya berikut ini ya.

Definisi Behavioral Interview

Behavioral interview merupakan teknik wawancara yang memberi ruang bagi kandidat memaparkan cara menangani situasi tertentu yang berhubungan dengan pekerjaan. Cara yang diberikan pun harus spesifik, sebisa mungkin berdasarkan pengalaman pribadinya.

Teknik behavioral interview ini memberikan gambaran cukup jelas bagi HRD untuk lebih mengenal kepribadian kandidat. Kuncinya adalah cara kandidat menjawab pertanyaan dari pengalaman di masa lalu. Ini mempermudah HRD melihat kinerja si kandidat dari perusahaan atau pengalaman sebelumnya.

Jenis Pertanyaan yang Sering Muncul

Pertanyaan dalam teknik behavioral interview jelas sangat spesifik dan mendalam. Lingkup pertanyaannya sendiri biasanya meliputi tentang kerja sama tim, manajemen waktu, kemampuan menyelesaikan masalah, hingga cara adaptasi.

Pada pertanyaan seputar kerja sama tim, HRD akan tertarik bagaimana cara kerja kandidat di dalam sebuah tim. Ada kalanya HRD meminta kandidat menceritakan pengalamannya saat menemukan masalah dalam timnya. Sikap masa lalu kandidat atas pertanyaan ini tentunya dapat dinilai secara lebih objektif oleh HRD.

Di sisi lain, HRD juga akan sedikit mengorek lebih dalam tentang manajemen waktu kandidat. Misalnya, apa yang akan dilakukan kandidat saat memiliki pekerjaan menumpuk. Atau bisa juga bagaimana cara kandidat mengupayakan semua pekerjaan selesai tepat waktu.

HRD menggunakan teknik ini untuk menjaring kandidat yang punya jiwa problem solver sekaligus cepat beradaptasi. Itu sebabnya HRD senang mencari tahu riwayat kerja kandidat dengan dihadapkan pada sebuah masalah dan cara melaluinya.

Baca Juga: Yuk, Membuat Cheat Sheet untuk Interview agar Peluang Kerja Makin Besar!

Tips Sukses Menjalani Behavioral Interview

Sebenarnya menjalani wawancara dengan teknik behavioral interview tidak terlalu membutuhkan persiapan khusus. Kandidat hanya perlu mempertahankan rasa percaya diri mengingat teknik ini sangat mengandalkan cara berkomunikasi yang baik.

Asalkan sudah punya pengalaman sebelumnya, baik kerja maupun magang, menjalani wawancara ini tidaklah sulit. Cukup jujur menjawab pertanyaan dari HRD dan tunjukkan kualitas diri melalui cerita yang diutarakan.

Semoga sedikit bocaran mengenai teknik behavioral interview di atas dapat membantu para pelamar kerja saat wawancara. Semoga sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here