Tugas Content Specialist dan Serba-Serbi Berkarier di Sana

Tugas content specialist menjadi kunci penting dalam marketing perusahaan. Pekerjaan sebagai content specialist terbilang cukup baru di era digital marketing seperti sekarang. Sekilas sih lingkup pekerjaannya hanya seputar mengelola konten, benarkah demikian?

Berikut beberapa serba-serbi pekerjaan yang mengasyikkan ini. Siapa tahu kamu ingin berkarier di bidang ini. Simak ya!

Apa Sih Content Specialist Itu?

Sebelum berbicara tentang tugas seorang content specialist, ada baiknya kita kenali dulu profesi ini. Content specialist merupakan orang yang memiliki tugas merancang strategi konten, menganalisis topik, hingga menulis konten. Jadi, pada dasarnya pekerjaan ini pastilah berhubungan erat dengan kreativitas konten.

Andai kamu ingin berkarier di bidang ini, setidaknya kamu harus punya ketertarikan dengan pengelolaan konten, entah itu media sosial, video, atau pun blog. Jika kamu sudah punya modal ketertarikan, akan jauh lebih mudah memelajari tugas-tugas dari pekerjaan ini.

Content Specialist Bekerja dengan Kolaborasi

Nah, tugas content specialist sendiri dapat dilakukan dengan adanya kolaborasi dengan beberapa profesi lain. Dalam perusahaan, seorang content specialist akan sering berdiskusi dengan content writer, copywriter, designer, hingga manajer.

Hasil kolaborasi inilah yang akan menghasilkan konten-konten menarik. Poros dari perencanaan konten tentu ada di tangan content specialist. Itu sebabnya profesi ini sangat membutuhkan kejelian dalam menganalisis dan membaca data.

Baca Juga: Ingin Berkarier di Bidang IT? Yuk, Intip Pekerjaan Seorang Scrum Master

Tugas Content Specialist

Saat kita belajar mengenai tugas utama profesi ini nih. Pertama, content specialist wajib melakukan riset untuk menciptakan konten yang relevan. Selain itu, profesi ini juga menuntut seseorang untuk mampu meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) agar mendapatkan peringkat terbaik di halaman Google.

Selanjutnya, content specialist akan bertanggung jawab dalam mengembangkan email marketing serta media sosial. Tentu saja butuh perencanaan matang agar konten yang dibuat dapat menarik perhatian calon konsumen. Itu sebabnya butuh kolaborasi yang apik dengan para desainer serta penulis.

Skill yang Dimiliki Content Specialist

Guna memenuhi tugas sebagai content specialist, tentu dibutuhkan beberapa skill khusus. Seorang content specialist yang baik wajib memahami dan menguasai storytelling. Bagaimana pun juga skill ini akan sangat berguna untuk mengembangkan marketing di media sosial.

Kamu juga mesti paham dan menguasai SEO karena ide dalam pembuatan konten pun berasal dari analisis data dan tren. Terakhir, kamu setidaknya memahami design dan layout yang sangat berhubungan erat dengan konten. Meski tidak bertugas membuat konten, dasar-dasar pembuatan blog, video, atau konten grafis wajib dipahami.

Nah, dari tugas content specialist di atas, sudah ada bayangan kan mengenai profesi ini. Apakah kamu tertartik berkarier di bidang ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here