Tips Menggambarkan Diri Anda dalam 5 Kata saat Wawancara Kerja

Tips Menggambarkan Diri Anda Dalam 5 Kata Saat Wawancara Kerja
Sumber: Bristolassoc

Tidak semua pewawancara suka mendengar jawaban bertele-tele dari kandidat karyawan yang diwawancarai. Terkadang, saat melakukan wawancara kerja, ia menginginkan jawaban singkat, padat, dan lugas. Jadi, tidak mengherankan jika pertanyaan mengenai ‘gambarkan diri Anda dalam 5 kata’ menjadi salah satu pertanyaan umum yang diajukan oleh tipe pewawancara seperti ini. Dan untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa simak tips bermanfaat di bawah ini.

Tips Menjawab Pertanyaan Tentang Diri Anda dalam 5 Kata Saat Wawancara Kerja

Persiapkan Diri dengan Sebaik-Baiknya

persiapkan diri

Sebelum Anda sampai di tempat wawancara kerja, persiapkanlah diri Anda untuk menjawab tipe pertanyaan, ‘gambarkan diri Anda dalam 5 kata’, bersama dengan pertanyaan lainnya yang mungkin saja akan dilemparkan oleh pewawancara saat proses interview. Mintalah seorang yang memiliki pengalaman di tempat kerja yang sama untuk ‘berpura-pura’ sebagai pewawancara, yang kemudian mengejutkan Anda dengan pertanyaan yang tidak Anda antisipasi.

Berilah tanggapan, kemudian mintalah teman Anda untuk memberi kritik dan saran. Lanjutkan latihan ‘wawancara pura-pura’ tersebut sampai Anda benar-benar mahir untuk menjawab setiap pertanyaan. Namun, Anda jangan pernah menghapal jawaban tersebut karena Anda harus natural saat memberi tanggapan atas semua jenis pertanyaan.

Baca Juga: Awas, Jangan Gunakan 4 Kata Ini untuk Menggambarkan Diri Anda pada Saat Wawancara

Pertimbangkan di Mana Anda Akan Bekerja

merubah haluan karir
Sumber: cermati

Penggambaran 5 kata mengenai diri Anda seharusnya sesuai dengan Anda, sekaligus memenuhi kebutuhan perusahaan tempat di mana Anda sedang mencari pekerjaan. Sebagai contoh, bila Anda mengajukan lamaran kerja dengan posisi sebagai asisten administrasi, pewawancara cenderung menyukai orang yang dapat multi-task, bekerja secara efisien dan berinisiatif untuk menyelesaikan sesuatu.

Kata sifat, seperti tegas, efektif, proaktif, positif, dan gigih tentu akan disukai oleh pewawancara yang memang sedang mencari seorang asisten berbakat yang dapat membantu pekerjaannya. Untuk itu, Anda perlu menentukan kebutuhan perusahaan sebelum Anda melakukan wawancara kerja, kemudian temukan kebutuhan tersebut untuk menggambarkan diri Anda dalam 5 kata.

Tetaplah Positif

mindset positif

Jangan pernah sekali-kali mengkritik ketika diminta untuk menggambarkan diri Anda saat melakukan wawancara kerja. Seorang bos dalam bisnis apapun menginginkan hal positif, staf yang percaya diri akan kemampuannya sendiri, seperti halnya perusahaan. Kata-kata seperti tidak dihargai, terlambat, atau kikuk tidak akan membuat kesan yang baik, sehingga jika ini terjadi Anda pun dianggap bukan kandidat yang cocok untuk pekerjaan yang lowong.

Ingatlah, membuat antribut mengenai diri Anda memang jarang sekali dilakukan, namun wawancara kerja adalah sebuah kesempatan untuk ‘menjual diri Anda’ pada orang yang tidak tahu apa-apa tentang diri Anda. Dengan membuat 5 kata-kata positif dan menarik, hal ini pun akan membuat pewawancara ingat akan diri Anda bahkan setelah Anda meninggalkan tempat wawancara kerja.

Tetaplah Profesional

Seorang Pekerja
Sumber : huffingtonpost

Lima kata yang Anda ungkapkan untuk menggambarkan tentang diri Anda seharusnya selalu bersifat profesional. Perlu diingat, Anda sekarang tidak sedang berada di situs kencan atau situs sosial untuk menggambarkan diri Anda pada teman baru Anda atau pasangan potensial Anda. Hindarilah menggunakan kata-kata seksi, cantik, atau menyenangkan selama melakukan interview kerja.

Anda bisa selalu tersenyum untuk menunjukkan keramahan, namun jangan sampai tertawa karena gugup saat Anda merespon pertanyaan tersebut. Duduklah dengan tegak, jawab pertanyaan dengan ramah dan penuh percaya diri, serta tunjukkanlah perilaku profesional seperti halnya Anda sedang melakukan transaksi bisnis.

Dengan memberikan jawaban yang lugas, terarah, dan taktis, kini Anda sudah punya ide untuk menjawab pertanyaan untuk menggambarkan diri Anda dalam 5 kata. Semoga berhasil!