Ini Trik untuk Meningkatkan Penjualan lewat Instagram, Sudah Coba?

Instagram merupakan platform media sosial yang banyak digunakan untuk memperkenalkan produk. Namun, terkadang penggunaan akun instagram belum optimal sehingga produk yang ditawarkan kurang diminati.

Nah, untuk meningkatkan penjualan dengan Instagram kamu harus tahu dulu apa saja kelebihan yang dimiliki oleh platform tersebut.

Dibandingkan beberapa platform media sosial lain, Instagram memiliki banyak kelebihan, yaitu,

  • Digunakan oleh jutaan orang;
  • Berfokus pada visualisasi produk;
  • Menyediakan data/insight pengunjung;
  • Kesempatan untuk membangun komunitas lokal lebih besar;
  • Mudah diintegrasikan dengan platform lain;
  • Lebih mudah mengamati kompetitor.

Kalau dioptimalkan, instagram bisa menjadi platform yang menguntungkan bisnis kamu. Berikut ini caranya,

Perkenalkan Solusi dengan Cara yang Kreatif

Selain mengunggah foto-foto produk, kamu juga sebaiknya memperkenalkan solusi atas permasalahan konsumen. Namun, lakukan itu dengan cara yang kreatif, agar menciptakan kesan mendalam yang tidak mudah dilupakan konsumen.

Ingat, konsumen bisa membagikan unggahan kamu kepada orang lain. Jelas ini menguntungkan kamu.

Storytelling-kan Behind The Scene

Strategi storytelling akan lebih mendekatkan produk yang kamu miliki dengan konsumen. Kamu bisa mengisahkan latar belakang membangun bisnis, proses pembuatan produk, atau kisah konsumen yang sudah menggunakan produk.

Baca Juga: 5 Strategi Storytelling Agar Bisnis Anda Dekat di Hati Konsumen

Agar storytelling lebih efektif, kamu juga bisa menggunakan salah satu fitur unggulan Instagram yaitu stories.

Gunakan Hashtag (#) dan Profil yang Menarik

Profil bisnis berada di bagian paling atas akun Instagram. Agar menarik perhatian konsumen, gunakan foto yang menarik. Tuliskan juga bio yang menjelaskan bisnismu. Selain itu, sertakan link yang diperlukan agar konsumen mudah bertransaksi.

Selain membuat profil yang menarik, kamu juga sebaiknya menggunakan hashtag. Sehinggan konsumen mudah mencari sebuah topik atau produkmu. Selain hashtag berupa brand, gunakan pula hashtag yang menjelaskan tentang produkmu.

Semisal, #jamtangananak, #mugsuperhero, atau #kemejaflanel. Selain itu, gunakan hashtag yang menjelaskan kategori/industri. Semisal, #aksesorisanak, #merchandisepromosi, atau #pakaianpria.

Membangun Rasa Ingin Tahu Konsumen

Untuk mempertahankan interaksi dengan konsumen kamu bisa mengulik rasa ingin tahu konsumen. Semisal, saat meluncurkan produk baru, kamu tidak langsung memperkenalkan kemasannya, namun kamu bisa mengunggah sebagian desain atau warna dari kemasan produk baru tersebut.

Berkolaborasi dan Menggunakan Fitur Mention

Untuk meningkatkan penjualan lewat Instagram kamu juga bisa melibatkan micro influencer. Pasalnya, konsumen cenderung lebih percaya kepada testimoni konsumen lain.

Selain itu, gunakan pula fitur mention untuk berinteraksi dengan user instagram lain atau pemilik bisnis lain. Dengan begini, konsumen tidak menganggap kamu hanya sekedar berjualan di media sosial.

Nah, dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu tidak hanya bisa meningkatkan penjualan, namun kamu juga bisa menjalin interaksi lebih baik dengan konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here